Sel 16 Safar 1441 H, 15 Oktober 2019
Home / Politik / Langkah putra Jokowi ini maju di Pilkada Solo dinilai kurang patut

Langkah putra Jokowi ini maju di Pilkada Solo dinilai kurang patut

Gibran Rakabuming Raka bersama sang ayah Joko Widodo.

Jakarta (Riaunews.com) – Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo berencana maju di Pilkada Kota Solo 2020. Gibran masuk dalam daftar nama bakal calon Walikota Solo yang dipotret lembaga survei.



Pengamat politik Ray Rangkuti menilai, rencana Gibran yang berencana terjun ke politik saat sang ayah masih berkuasa, merupakan langkah yang kurang tepat.

“Bahwa anak ngikutin jejak bapaknya, itu biasa di mana-mana. Tapi kalau soal ini, bukan biasa atau tidaknya, melainkan patut atau tidak? Kalau menurut saya ya tidak,” kata Ray, Selasa (8/10/2019) dilansir RMOL.id.

Menurut pendiri Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) ini, pemegang jabatan eksekutif sebaik mungkin tidak melibatkan/menerjunkan keluarga di panggung politik seperti pada momen pilkada.

“Beliau harus mencegah supaya anaknya nggak terlibat, setidaknya sampai beliau selesai menjabat sebagai presiden,” tambahnya.

Menurut aktivis ’98 ini, jika hal tersebut terjadi, maka ini kali pertama dalam sejarah Indonesia ada anak presiden yang mencalonkan pada jabatan eksekutif.

Gibran Rakabuming Raka resmi bergabung dengan PDI Perjuangan pada September lalu. Gibran mendaftar sebagai kader melalui ranting Manahan bagian dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Banjarsari, Surakarta.

Gibran menegaskan akan terjun ke dunia politik dan siap meninggalkan bisnis kulinernya untuk fokus menatap Pilkada Solo 2020. Dia akan menyerahkan bisnis kuliner yang digelutinya selama ini kepada sang adik, Kaesang Pangarep. ***

Komentar