Sel 16 Safar 1441 H, 15 Oktober 2019
Home / Politik / Faldo Maldini resmi hengkang dari PAN demi ‘bertarung’ di Pilkada Sumbar 2020

Faldo Maldini resmi hengkang dari PAN demi ‘bertarung’ di Pilkada Sumbar 2020

Faldo Maldini.

Jakarta (Riaunews.com) – Politikus PAN Faldo Maldini resmi mengundurkan diri dari partai tersebut terkait dengan rencana pria itu untuk bertarung di Pilkada Sumatera Barat 2020.

Falo dalam surat resminya yang diterima CNNIndonesia.com, menyatakan keputusan itu diambil setelah berkonsultasi dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan tiga kali berdiskusi dengan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Suparno.



Faldo sendiri adalah Wakil Sekretaris Jenderal di partai yang didirikan oleh sejumlah tokoh, termasuk Amien Rais tersebut.

Dia menuturkan pilihan itu diambil secara sadar dan penuh pertimbangan. Faldo menegaskan pilihan itu juga diambil agar tak menimbulkan kegaduhan.

“Pilihan ini saya ambil untuk menghindari kegaduhan setelah adanya dukungan dari partai politik lain kepada saya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah,” kata Faldo, Sabtu (5/10/2019).

Dia menegaskan dengan pilihan itu dirinya tak ingin dianggap sebagai pemicu kegaduhan. Apalagi, kata Faldo, banyak agenda PAN yang akan digelar dalam waktu dekat, yang memerlukan keharmonisan di dalam organisasi tersebut.

Selain itu, paparnya, dirinya juga ingin fokus pada pencalonan kepala daerah yang mekanismenya diatur oleh undang-undang.

Isu hengkang Faldo awalnya muncul dalam banner iklan sampul depan koran lokal Sumatera Barat, Harian Umum Independen Singgalang edisi Rabu, 18 September 2019.

Dalam iklan tersebut terlihat foto Faldo menggunakan kemeja putih dan peci hitam. Sementara di sampingnya terlihat tulisan ‘Sumangaik Baru’ dan logo Partai PSI dengan latar warna khas merah hitam.

Rekapitulasi hasil Pemilu Legislatif DPRD Provinsi Sumatera Barat 2019. (Data: kpu.go.id)

 

Jika berkaca pada hasil Pemilihan Umum 2019 lalu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang kini-kini disebut sebagai kendaraan politik Faldo, hanya menjadi partai ‘kaciek’ alias kecil di Sumbar.

Partai yang diketuai Grace Natalie ini hanya meraup 1,06 persen suara di Ranah Minang.***

Komentar