Alex Rins juara MotoGP AS usai menangi duel dengan Rossi, Marquez cium aspal

Alex Rins. (Foto: LAT Images)

Austin (RiauNews.com) – Dominasi Marc Marquez di MotoGP Amerika Serikat berakhir. Alex Rins merebut titel juara di sana setelah memenangi duel dengan Valentino Rossi.

Mendapat urutan start terdepan, Marquez berhasil mempertahankan posisinya saat balapan dimulai. Marquez, yang enam tahun terakhir selalu jadi juara di MotoGP Amerika Serikat, menempati posisi satu ketika keluar dari tikungan pertama.

Marquez melesat dengan dikuntit ketat oleh Valentino Rossi, Cal Crutchlow, dan Jack Miller.

Baca: Rossi anggap permintaan maaf Marquez hanya sandiwara

Alex Rins menjalani start oke dengan naik dua posisi dari urutan lima ke tujuh. Juga mengawali race dengan gemilang adalah Andrea Dovizioso, dia naik lima anak tangga dari urutan 13 ke 8.

Balapan sepertinya akan kembali dikuasai Marquez setelah dia unggul 1,2 detik atas Rossi di lap 3. The Doctor selain makin menjauh dari Marquez juga malah didekati Crutchlow.

Saat Marquez pelan-pelan mulai menjauhkan jarak, rombongan di belakangnya memunculkan tontonan seru. Rossi, yang masih berada di posisi dua, dikejar oleh Crutchlow, Miller dan Rins.

Baca: Marquez Finis Pertama di MotoGP Argentina

Di lap lima dan enam Joan Mir serta Maverick Vinales menjalani drive through penalty. Sementara nasib malang dialami Crutchlow yang mengalami crash ketika berada di urutan tiga.

Dari barisan tengah, Dovizioso masih tertahan di posisi enam pada lap tujuh.

Marquez membuat kesalahan dan jatuh di tikungan 12 setelah terlihat kehilangan kendali pada ban depannya. Berulang kali berupaya menaiki kembali serta menyalakan motornya, sang juara dunia terus gagal dan akhirnya menyerah. Marquez jatuh saat dia memimpin balapan sejauh 3,6 detik

Crash yang dialami Marquez membuat Rossi merebut posisi terdepan. Rider Yamaha ditempel ketat oleh Rins dan Miller.

MotoGP Amerika Serikat bertambah buruk buat Repsol Honda setelah Jorge Lorenzo juga gagal melanjutkan race. Rider asal Spanyol itu sepertinya mengalami masalah teknis pada tunggangannya sebelum akhirnya menghentikan motornya di tikungan 12, tempat Marquez terjatuh beberapa lap sebelummya.

Setelah Marquez crash, balapan justru menjadi seru dengan Rossi dan Rins bersaing ketat menjadi juara.

Setelah terus menguntit The Doctor beberapa lap, Rins akhirnya menyalip rossi untuk merebut posisi terdepan ketika balapan menyisakan empat putaran.

Meski Rossi beberapa kali berupaya menyerang, Rins berhasil menjaga posisi terdepan sampai akhirnya menyentuh garis finis.[DETIK]

Komentar
%d blogger menyukai ini: