Man City ke Semifinal Piala FA usai tekuk Swansea 3-2

Sergio Aguero menjadi penentu kemenangan Manchester City melalui tandukannya. (Reuters/John Sibley)

Swansea (RiauNews.com) – Manchester City lolos ke semifinal Piala FA usai mengalahkan Swansea City 3-2 pada laga perempat final di Stadion Liberty, Sabtu (16/3), gol penentuan kemenangan Man City yang dicetak Sergio Aguero berbau kontroversial.

The Citizens sempat tertinggal 0-2 di babak pertama. Gol-gol The Swans dicetak oleh Matt Grimes dari eksekusi penalti pada menit ke-20 dan Bersant Celina pada menit ke-29.

Di babak kedua, The Citizens mampu menggelontorkan tiga gol ke gawang Swansea. Gol-gol itu dicetak Bernardo Silva pada menit ke-69, gol bunuh diri kiper Swansea Kristoffer Nordfeldt (78′), dan tandukan Aguero (88).

Baca: Aguero cetak gol tunggal kemenangan City atas West Ham

Gol penentu kemenangan Man City bisa dibilang cukup kontroversial karena ia berada dalam posisi offfside jika melihat tayangan ulang.

Man City sebenarnya tampil dengan pakem permainannya dengan lebih banyak menguasai bola dari tuan rumah.

Mereka bahkan nyaris mencetak gol pada menit ke-13 melalui tendangan Bernardo Silva. Namun, bola tendangan voli Silva masih mampu ditepis kiper Swansea Kristoffer Nordfeldt.

The Citizens justru mendapat petaka pada menit ke-19. Wasit menghukum tim tamu dengan penalti setelah Fabian Delph menjatuhkan bek Swansea Connor Roberts di dalam kotak penalti.

Grimes yang mengambil eksekusi penalti pada menit ke-20 sukses menceploskan bola ke gawang tim besutan Pep Guardiola. Bola tendangannya mengarah ke kanan gawang dan menipu kiper Man City, Ederson Moraes.

Baca: Alasan Zidane mau kembali ke Madrid: Sedih Los Blancos Jadi Kacau Balau

Man City kembali kebobolan pada menit ke-29. Gol kali ini berkat kerja sama apik umpan segitiga antara Wayne Routledge, Nathan Dyer, dan diteruskan ke Celina di dalam kotak penalti.

Celina yang berdiri bebas langsung melepaskan tendangan kaki kirinya dan bola kembali bersarang ke gawang Moraes. Skor 2-0 membuat Man City semakin meradang.

The Citizens pun menggandakan daya dobrak mereka ke pertahanan Swansea. Tim tamu nyaris mencetak gol melalui tendangan Silva pada menit ke-32. Namun, bola lagi-lagi mampu digagalkan Nordfeldt yang bermain sangat brilian pada laga tersebut.

Hanya berselang dua menit kemudian, Man City kembali menciptakan peluang emas melalui tendangan David Silva. Bola tendangannya masih berhasil diblok Roberts yang berdiri di depan gawang kemudian dihalau Nordfeldt.

Baca: Liverpool terus tempel City selisih satu poin usai taklukkan Burnley 4-2

Memasuki babak kedua, Man City tak menurunkan intensitas serangan setelah tertinggal 0-2 di babak pertama. Namun, sejumlah upaya belum terlalu membahayakan gawang tuan rumah yang bermain lebih bertahan.

Man City baru bisa mencetak gol pada menit ke-69 berkat tendangan Bernardo Silva. Ia sukses menuntaskan umpan Sergio Aguero menjadi gol.

The Citizens bisa menyamakan skor menjadi 2-2 melalui eksekusi penalti setelah Raheem Sterling dijatuhkan Carter-Vickers pada menit ke-77. Aguero yang menjadi algojo penalti sukses mencetak gol.

Bola sebenarnya membentur tiang kanan gawang Swansea dan memantul. Namun, pantulannya justru mengenai kaki Kristoffer Nordfeldt dan memantul kembali ke dalam gawangnya dan masuk.

Setelah menyamai skor, Man City terus melancarkan serangan-serangan sporadis. Mereka bahkan nyaris mencetak gol lagi pada menit ke-83. Nordfeldt dua kali melakukan penyelamatan, termasuk menepis tendangan Aguero dengan kakinya.

Baca: Sterling memborong gol saat Manchester City kalahkan Watford 3-1

Man City akhirnya membalikkan keadaan menjadi 3-2 berkat gol tandukan Aguero menyambut umpan silang Bernardo Silva pada menit ke-88. Gol tersebut terbilang kontroversial karena dalam tayangan lambat, Aguero dalam posisi offfside sebelum menyambut umpan silang Silva.

Laga pun berakhir dan Man City berhasil mengalahkan Swansea 3-2 sekaligus memastikan tiket semifinal Piala AFC. The Citizens akan menghadapi Watford yang sukses mengalahkan Crystal Palace 2-1 di perempat final.***[CNN]

Susunan Pemain:

Swansea (4-2-3-1): Kristoffer Nordfeldt; Connor Roberts, Mike van der Hoorn, Cameron Carter-Vickers, Matt Grimes; George Byers, Jay Fulton; Wayne Routledge, Bersant Celina, Nathan Dyer/Joel Asoro; Daniel James

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Aymeric Laporte, Nicolas Otamendi, Fabian Delph/Oleksandr Zinchenko; David Silva, Ilkay Gundogan, Bernardo Silva; Riyad Mahrez/Sergio Aguero, Gabriel Jesus, Leroy Sane/Raheem Sterling (bac)

Komentar
%d blogger menyukai ini: