Sun 11 Rabi Al Thani 1441 H, 8 December 2019
Home / Olahraga / Bola / Liga Inggris / Aubameyang pastikan kemenangan Arsenal atas Aston Villa

Aubameyang pastikan kemenangan Arsenal atas Aston Villa

Pierre-Emerick Aubameyang. (Foto: Premierleague.com)

London (Riaunews.com) – Sempat tertinggal dua kali, Arsenal akhirnya mampu menuntaskan perlawanan Aston Villa dengan kemenangan 3-2 di pertandingan Premier League pekan ke-6 di Emirates Stadium, Ahad (22/9) malam WIB.

Gol penentu kemenangan dicetak Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-84.



Dengan kemenangan ini, Arsenal naik ke peringkat empat klasemen sementara dengan perolehan 11 poin, sama dengan Leicester City dan West Ham United, namun terpaut jauh tujuh angka dengan sang pemuncak, Liverpool.

Arsenal mengawali pertandingan babak pertama dengan berusaha menekan pertahanan Aston Villa, namun tendangan voli Ainsley Maitland-Niles hanya melambung di atas mistar gawang.

Aston Villa giliran yang pertahanan Arsenal. Tembakan Trezeguet on target pada menit keempat, namun bisa diselamatkan. Semenit berselang, usahanya dengan sebuah sepakan, lagi-lagi bisa diblok.

Memasuki menit ke-11, John McGinn mendapat ruang di pertahanan Arsenal setelah mampu menaklukkan Nicolas Pepe, namun tembakannya mengarah ke gawang dan tepat mengarah langsung kepada Bernd Leno sehingga bisa dihalau sang kiper.

Pepe nyaris memecahkan kebuntuan untuk Arsenal pada menit ke-16, namun tendangan kaki kirinya bisa diblok. Bola mengarah kepada Sead Kolasinac yang diteruskan dengan sundulan kepala kepada Aubameyang, namun bola bisa direbut Tom Heaton.

Dua menit berselang, Tyrone Mings melakukan penyelamatan dengan memblok tembakan Pepe, yang sebelumnya menunjukkan skill dengan mengatasi penjagaan Neil Taylor.

Aston Villa akhirnya bisa memecahkan kebuntuan pada menit ke-20. Tanpa terkawal, John McGinn sukses memanfaatkan umpan crossing Anwar El Ghazi dengan sepakan bola ke arah pojok bawah gawang.

Bukayo Saka sempat mengancam gawang Aston Villa pada menit ke-27 dengan tendangan ke arah pojok, namun hanya melambung ke udara.

Arsenal harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-41 setelah Maitland-Niles mendapat kartu kuning kedua alias kartu merah akibat pelanggarannya terhadap Taylor.

Dua menit setelah turun minum, McGinn nyaris mencetak gol lagi untuk Aston Villa, namun tendangan bebasnya dari dekat kotak penalti hanya melambung di atas mistar gawang.

Memasuki menit ke-52, Mings menyulitkan pertahanan Arsenal dengan umpan crossing berbahaya, namun bisa diblok Sokratis.

Arsenal akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-59 lewat eksekusi tendangan penalti Pepe. Hadiah tendangan 12 pas diberikan setelah Bjorn Engels menjatuhkan Matteo Guendouzi di kotak terlarang. Review VAR pun memastikan keputusan itu.

Hanya berselang dua menit, Aston Villa kembali balik unggul lewat tendangan Wesley setelah memanfaatkan umpan crossing Jack Grealish.

David Luiz memiliki peluang pada menit ke-66 untuk menyamakan kedudukan buat Arsenal, namun Tom Heaton menghalau bola sehingga melambung di atas mistar gawang.

Calum Chambers, yang masuk di babak kedua menggantikan Saka, nyaris menyamakan kedudukan untuk Arsenal dengan tendangan mendatar dari dalam kotak penalti, namun bisa diblok Heaton.

Chambers akhirnya tidak menyia-nyiakan peluang pada menit ke-81. Tendangannya dari jarak dekat berhasil menyamakan skor untuk Arsenal, setelah sebelumnya tercipta crossing dari Guendouzi.

Aubameyang akhirnya membawa Arsenal balik unggul 3-2 pada menit ke-84 lewat tendangan bebas yang tidak mampu dibendung Heaton.

Satu menit jelang berakhirnya pertandingan di waktu normal, para pemain Aston Villa meminta hadiah penalti setelah tendangan first-time Conor Hourihane dianggap mengenai tangan Sokratis di kotak terlarang, namun wasit tidak menunjuk titik putih.

Arsenal menutup pertandingan dengan raihan tiga poin penting di kandang.***

 

Artikel Asli
Komentar