Sabtu, 18 Januari 2020
Home / Olahraga / Bola / Indonesia U-23 cukur Singapura 2-0 dalam laga Grup B Sea Games 2019

Indonesia U-23 cukur Singapura 2-0 dalam laga Grup B Sea Games 2019

Timnas Indonesia U-23 sukses mengalahkan Singapura dengan skor 2-0. (Foto: Bola.com)

Manila (Riaunews.com) – Indonesia meneruskan tren kemenangan usai menaklukkan Singapura dengan skor 2-0 pada lanjutan pertandinga babak Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Kamis (28/11/2019) petang. Ini juga merupakan kali kedua secara beruntun Indonesia tak kemasukan gol.



Melansir Goal.com, tampil percaya diri usai menundukkan Thailand di laga perdana, Indonesia justru tertekan di awal laga. Peragaan permainan cepat anak asuh Fandi Ahmad berulang kali menerobos sepertiga akhir pertahanan.

Selepas tembakan Faris yang melambung dari gawang Indonesia, Nadeo akhirnya mendapatkan ancaman pertama di menit 16. Tembakan bebas Lionel yang mengarah ke sudut gawang berhasil ditepis kiper asal Borneo FC tersebut.

Indra Sjafri terpaksa melakukan pergantian cepat di pertengahan babak pertama, saat M. Rafli tak lagi mampu melanjutkan pertandingan usai dilanggar pemain belakang. Osvaldo yang masuk menggantikannya, diplot menjadi penyerang tengah.

Di sisa waktu babak pertama, Indonesia belum bisa menemukan langkah tepat untuk menembus barisan belakang. Tetapi Singapura juga mulai kesulitan menembus ke kotak penalti membuat paruh pertama berakhir tanpa gol.

Terjadi perubahan di awal babak kedua, Firza yang bertabrakan di akhir babak pertama tak bisa melanjutkan laga dan digantikan Alexander Djin. Indonesia pun mengambil inisiatif serangan di awal laga.

Untuk menjaga tekanan, Indra memilih mengeluarkan Evan dan memasukkan Rian di menit 60. Berselang empat menit kemudian, Osvaldo sukses mengatasi tekanan Irfan Fandi saat menerima umpan jauh sebelum menuntaskan serangan dengan sebuah tembakan keras yang gagal dihentikan.

Dengan skema yang nyaris sama, Osvaldo kembali meraih bola dari lini kedua dan bersaing dengan Irfan Fandi sekali lagi. Kali ini kapten Singapura itu terlalu sulit ditaklukkan, namun Asnawi datang membantu dan meneruskan bola dengan sontekan pelan yang mengelabui penjaga gawang di menit 74.

Indonesia terus menggempur Singapura setelah gol kedua tercipta, tetapi tembakan kaki kanan Saddil masih melebar. Sementara sepakan keras Asnawi yang kembali menembus kotak penalti, dihentikan mistar gawang.

Keasyikan menyerang membuat Indonesia lengah jelang akhir pertandingan. Beruntung tandukan tajam Irfan Fandi masih membentur tiang, sementara bola liar gagal diteruskan Faris ke gawang Nadeo.

Jelang akhir pertandingan, sempat terjadi ketegangan yang melibatkan beberapa pemain dari kedua kesebelasan. Namun wasit tampil tegas dengan menghukum setiap pelaku dengan kartu kuning. Sementara di permainan, tak ada gol tambahan tercipta hingga akhir laga.

Kemenangan ini menjaga Indonesia berada di jalur yang tepat untuk melangkah ke semifinal. Saat ini Indonesia berada di peringkat kedua dengan raihan enam poin, hanya kalah selisih gol dari Vietnam di puncak klasemen. Namun bagi Singapura, kekalahan ini semakin menyulitkan langkah mereka karena baru meriah satu angka dari dua laga.

SUSUNAN PEMAIN

Indonesia : Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika; Syahrian Abimanyu, Zulfiandi, Evan Dimas Darmono; Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli, Saddil Ramdani.

Singapura : Ryhan Stewart, Lionel Tan, Jacob Mahler, Ikhsan Fandi, Muhammad Faris, Muhammad Syahrul, Hami Syahin, Muhammad Naqiuddin, Irfan Fandi, Muhammad Zharfan, Tajeli.

%d blogger menyukai ini: