21 September 2018
Home / News / Sains & Teknologi / Meresahkan, stasiun luar angkasa Cina kemungkinan jatuh di Indonesia

Meresahkan, stasiun luar angkasa Cina kemungkinan jatuh di Indonesia

Stasiun luar angkasa milik Cina, Tiangong-1, yang diperkirakan jatuh ke bumi pada April 2018. (Kredit: Reuters)

Jakarta (RiauNews.com) – Stasiun luar angkasa China, Tiangong-1 diperkirakan bisa jatuh di wilayah Indonesia. Meski kapan waktunya belum bisa diprediksi secara tepat, namun kabat ini cukup meresahkan masyarakat, karena yang akan jatuh cukup besar, yakni setara dengan bus tingkat.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin menyebutkan, Tiangong-1 diperkirakan jatuh pada rentang awal hingga pertengahan April 2018.



“Masih ada waktu cukup lama untuk memprediksi kapan jatuhnya. Perkiraan kami antara awal April sampai pertengahan April,” ucap Thomas sebagaimana dilansir Kompas, Selasa (20/3/2018).

Sementara menurut Marufin Sudibyo, seorang astronom amatir, perkiraan waktu yang masih lama ini cukup menarik. Sebab sebelum benar-benar ditarik oleh gravitasi bumi, satelit buatan tersebut akan terlihat di langit Indonesia, bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang.

“Pada rentang waktu 18 hingga 24 Maret 2018 TU, Tiangong-1 diprakirakan akan melintas di atas Indonesia terutama pada saat fajar dan senja,” ungkap Marufin.

“Sehingga memungkinkan melihat saat-saat terakhir Tiangong-1 di langit. Tentu saja sepanjang cuaca cerah,” sambungnya.

Marufin juga menjelaskan setidaknya ada 3 kota di Indonesia yang menjadi tempat kita bisa menyaksikan Tiangong-1. Ketiga kota tersebut adalah Jakarta, Makassar, dan Sorong.

Cina dilaporkan telah kehilangan kontrol atas Tiangong-1 sejak Juli 2016 lalu, sehingga penurunan kembali ke bumi menjadi urusan yang lebih sulit, sebab bisa saja jatuh di area berpenduduk.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: