22 September 2018
Home / News / Sains & Teknologi / Ini dia tujuh hewan dengan suara terkuat

Ini dia tujuh hewan dengan suara terkuat

Pekanbaru (RiauNews.com) – Manusia adalah makhluk yang berisik karena mampu mengeluarkan suara yang cukup keras. Selain itu, manusia juga “menciptakan” polusi suara lewat berbagai benda, seperti kendaraan bermotor, pengeras suara, dan suara mesin lainnya.

Namun di alam, ternyata juga ada hewan lain yang mampu mengeluarkan suara cukup keras. Apa sajakah itu?



Berikut tujuh hewan yang cukup berisik dikutip dari laman DW.DE.

7. Katak Coqui
Mari kita mulai dengan sesuatu yang kecil dan sepertinya tidak menarik perhatian. Coqui adalah katak asal Kosta Rika yang bereputasi punya suara keras. Meskipun berukuran mungil yakni hanya sekitar 4 cm, amfibi nokturnal ini suaranya bisa melesat hingga volume 70 desibel atau sekencang suara musik keras yang lama-kelamaan dapat menyebabkan masalah pada telinga.

6. Water Boatman
Dia merupakan serangga akuatik kecil ini memiliki cara yang tidak biasa dan gaduh untuk menarik minat pasangan. Jika mereka menggosok penis di perutnya, maka bisa menciptakan suara sekeras kereta bawah tanah, yakni sekitar 100 desibel. Tetapi karena suara itu dipancarkan di bawah air, telinga manusia tak terganggu.

5. Gajah
Siapa pun yang berdiri lima meter dari gajah mungkin disarankan untuk menutup telinga mereka. Suara terompetnya bisa terdengar hingga 103 desibel. Kenapa lima meter? Itu jarak saat volume diukur. Dan itu suaranya sekeras mesin bor angin atau pneumatik.

4. Jangkrik Afrika
Jangkrik Afrika ini terkenal dengan suaranya yang keras. Serangga ini menggunakan organ timpani untuk “bernyanyi” pada volume rata-rata 106,7 desibel. Sebagai perbandingan, suara manusia rata-rata cuma mampu teriak ke kisaran 60 db.

3. Kelelawar Bulldog
Ketika langit Panama dipenuhi dengan kelelawar ‘bulldog‘ yang besar, langit juga dipenuhi dengan kebisingan. Mereka terekam bisa membuat suara hingga 140 desibel, dengan frekuensi tingginya mencapai 55kHz. Suara ultrasonik itu tidak bisa didengar telinga manusia. Untung saja, karena volume 120 db bisa menimbulkan ancaman bagi pendengaran kita.

2. Udang Pistol
Udang penggertak atau udang pistol dapat menghantam dengan bunyi 200 desibel, yang teredam di dalam air di mana suara itu muncul. Tetapi bahkan setelah berkurang kedengarannya di permukaan air hingga sebesar 60 dB, tetap saja suara udang kecil itu sangat keras.

1. Paus Sperma
Raksasa lautan yang dapat tumbuh hingga 20 meter panjang dan 50 ton beratnya, punya suara yang sangat keras. Para ilmuwan telah mengukur suaranya hingga 230 desibel, yang hanya sedikit lebih keras dibandingkan suara jet. ***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: