21 September 2018
Home / News / Politik / Mau jadi anggota DPD RI? Minimal ada dukungan 2.000 dari 50 persen wilayah

Mau jadi anggota DPD RI? Minimal ada dukungan 2.000 dari 50 persen wilayah

Komisioner KPU Riau Ilham Yasir.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Masyarakat yang ingin maju menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah Repubik Indonesia (DPD RI), khususnya dari Provinsi Riau minimal harus memiliki 2.000 dukungan yang tersebar di 50 persen wilayah.

Ketentuan tersebut diuraikan Divisi Hukum dan Pengawasan Komisioner KPU Riau Ilham Muhammad Yasir, dalam acara sosialisasi persyaratan bakal calon anggota DPD RI di Pekanbaru, Sabtu (31/3/2018).



“Untuk bakal calon perseorangan itu minimal dukungan sebanyak 2.000 sesuai pasal 183 ayat (1) huruf b UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan SK KPU RI No. 71/PL.01.3-Kpt/03/KPU/II/2018 tanggal 28 Februari 2018,” tutur Ilham.

Dijelaskan, bagi calon anggota DPD asal Riau, dukungan minimal 50 persen wilayah berarti harus berasal dari setidaknya dari enam kabupaten/kota.

Komisioner yang berlatarbelakang wartawan ini mengatakan, dengan sosialisasi ini pihaknya akan lebih memastikan ketersampaian syarat dalam pendaftaran DPD dalam Pemilu 2019 di Provinsi Riau dan tepat sasaran, karena yang diundang ada sekitar seratusan masyarakat yang sudah mulai memiliki rencana dan niat untuk maju.

“Ini proses awal untuk tahapan ikut sebagai bakal calon DPD, berbeda sistemnya dengan dulu yang bisa langsung mendaftar,” kata Ilham.

Saat ini sambung Ilham seseorang yang akan maju sebagai bakal calon DPD harus lebih dahulu membuktikan telah memiliki dukungan sesuai besaran yang dipersyatkan.

“Ini sama persis modelnya dengan calon perseorangan dalam peserta Pemilihan Kepala Daerah,” tegasnya.

Selanjutnya dukungan yang mereka ajukan itu akan diverifikasi oleh KPU, dan ini baru menjadi tiket mereka untuk maju sebagai bakal calon DPD Riau.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: