23 September 2018
Home / News / Politik / Masih banyak DPS yang belum ditempelkan di Kelurahan

Masih banyak DPS yang belum ditempelkan di Kelurahan

Masyarakat saat meng-cek namanya di Daftar Pemilih Sementara yang ada di Kantor Kelurahan. (Kredit: Tribunnews)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pekanbaru menemukan masih banyak Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang belum melaksanakan tugas menempelkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kelurahan setempat.

“Sampai hari ini masih banyak Panitia Pemungutan Suara di kelurahan belum melakukan penempelan Daftar Pemilih Sementara hasil pemutakhiran oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) beberapa waktu lalu di tempat-tempat strategis,” kata Komisioner Panwaslu Kota Pekanbaru Rizqi Abadi usai rapat di Kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan Tampan, Pekanbaru.



Rizqi Abadi menyatakan temuan ini berdasarkan hasil pengawasan oleh Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dan Panwascam serta PPS sejak diumumkan DPS oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau 24 Maret dan dilakukan tahapan uji publik selama 10 hari kedepan untuk perbaikan data daftar pemilih tetap (DPT).

“KPU sudah melakukan pengumuman dan PPS menempel DPS di semua kantor kelurahan, namun untuk tempat-tempat strategis masih banyak yang belum dilakukan,” tuturnya.

Sesuai aturan disampaikan Rizqi sudah diatur dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2017 pasal 14 Ayat 12 yang berbunyi KPU/KIP Kabupaten/Kota menyampaikan salinan DPS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) kepada PPS melaui PPK dalam jumlah tiga rangkap, untuk digunakan sebagai pengumuman di kantor desa/kelurahan.

Kemudian pengumuman di sekretariat/balai Rukun Tetangga (RT) /Rukun Warga RW atau tempat strategis lainnya dan arsip.

“Jadi PPS wajib menempelkan daftar DPS di Kantor kelurahan, dan tempat strategis masih banyak belum ditempel seperti di Kelurahan Tobek Godang belum satu pun dilakukan pengumuman di tempat strategis,” tegasnya. ***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: