Home / News / Politik / Bawaslu tak permasalahkan anak-Anak diajak kampanye dengan catatan

Bawaslu tak permasalahkan anak-Anak diajak kampanye dengan catatan

Banyak orang tua yang membawa anaknya ikut serta dalam kampanye, dan ini diperbolehkan oleh Bawaslu.

Jakarta (RiauNews.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah melakukan deklarasi komitmen bersama peserta Pemilu 2019 menjelang fase kampanye rapat umum yang akan dimulai pada Ahad (24/3/2019).

Salah satu komitmen dalam deklarasi itu adalah tidak melibatkan anak-anak sebagai alat kampanye. Namun, Bawaslu memberi toleransi bagi anak yang ikut dalam kampanye karena alasan khusus.

“Saya kira harus dibedakan antara arti melibatkan, itu kan aktif ya. Artinya terlibat aktif itu ketika anak itu diajak ke panggung, kemudian menjadi peserta aktif di dalam kampanye,” kata Ketua Bawaslu Abhan usai acara penandatanganan nota kesepahaman antara Bawaslu, ASN, TNI dan Polri, di kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3).

Baca: Bawaslu dan Polri tak dipercaya netral, elektabilitas Jokowi sulit naik

Kendati demikian, anak-anak masih bisa ikut dalam kampanye selama ia tidak terlibat aktif. Abhan mengatakan pihaknya masih mengizinkan apabila anak tersebut hanya sekedar ikut dalam acara kampanye.

“Misalnya ada orang yang ikut kampanye karena punya anak kecil, kemudian di rumah tidak ada yang jaga dan karena alasan itu kemudian diajak. Saya kira itu bukan bagian dari kualifikasi bahwa itu melibatkan anak-anak,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga melarang peserta pemilu melibatkan secara aktif pihak-pihak yang tidak memiliki hak suara dalam kampanye. Pelarangan ini telah diatur dalam Undang-Undang Pemilu.

“Jadi mengeksploitasi dia (anak) untuk naik panggung, misalnya. Kemudian bernyanyi atau meneriakkan yel-yel dari pasangan. Itulah yang saya kira yang diartikan sebagai melibatkan anak-anak atau orang yang belum memiliki hak pilih,” kata Abhan.

Baca: Rekam suara Lurah yang ajak warga dukung Jokowi, Ketua RT diperiksa Bawaslu

Ketua Tim Kampanye Nasional , Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Erick Thohir berjanji tidak akan melibatkan secara aktif anak-anak atau orang-orang yang tidak memiliki hak suara pemilu dalam sebuah kampanye.

“Sesuai kesepakatan hari ini ya tentu pasti kita jaga. Ada pengawasnya Bawaslu. Ya pasti kita sudah janji, deklarasi, Insya Allah akan kita selalu jaga hal itu,” kata Erick.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Mardani Ali Sera mengatakan pihaknya telah melakukan pengawasan internal untuk tidak melibatkan secara aktif anak-anak dalam kampanye.***[CNN]

Komentar
%d blogger menyukai ini: