23 Oktober 2018
Home / News / Nasional / Penyidikan kasus dugaan penodaan Pancasila oleh Habib Rizieq dihentikan

Penyidikan kasus dugaan penodaan Pancasila oleh Habib Rizieq dihentikan

Habib Rizieq Syihab.

Bandung (RiauNews.com) – Kasus dugaan penodaan terhadap Pancasila yang dialamatkan pada Habib Rizieq Shihab resmi dihentikan penyidikannya oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jawa Barat AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, penghentian ini dilakukan karena setelah melakukan penyidikan, pihaknya tak memiliki cukup bukti.



“Kasus yang dilaporkan itukan tahun 2011, setelah memeriksa sejumlah para saksi dan juga tersangka (Habib Rizieq) tidak cukup bukti, maka sekitar bulan akhir bulan Februari 2018 kemarin dihentikan,” jelasnya.

Sebelumnya Habib Rizieq Shibab ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jawa Barat atas kasus dugaan penodaan Pancasila berdasarkan laporan yang dibuat oleh Ketua Umum Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaenisme Sukmawati Soekarnoputri.

Baca: Sekjen PBNU kritisi Puisi Sukmawati yang anggap kidung lebih indah dari adzan

Putri Proklamator yang juga tersandung masalah dugaan penistaan agama karena puisi “Ibu Indonesia” ini, memperkarakan ceramah Rizieq dalam sebuah tablig akbar yang dia nilai telah menghina Pancasila.

Sukmawati resmi melaporkan Rizieq dengan laporan bernomor LP/1077/X/2016/Bareskrim, dengan tuduhan melakukan tindak pidana penodaan terhadap lambang dan dasar negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 154a KUHP dan/atau Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 57a juncto Pasal 68 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Baca: Pengacara ini sebut puisi Sukmawati lebih parah dari Ahok

Terkait kasus Rizieq, ada 18 saksi yang sudah didengarkan keterangannya oleh penyidik.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: