14 Desember 2018
Home / News / Nasional / Kebijakan pemerintah Jokowi soal TKA hampir tak masuk akal

Kebijakan pemerintah Jokowi soal TKA hampir tak masuk akal

Politisi senior Amien Rais saat berorasi. (Kredit: Repulika)

Jakarta (RiauNews.com) – Bersempena dengan Hari Buruh Sedunia (Mayday) yang jatuh pada Selasa (1/5/2018) ini, salah satu tokoh reformasi nasional, Amien Rais, turut berorasi di depan ribuan buruh yang berunjuk rasa di depan gerbang Kompleks Parlemen, di Jakarta.

Dalam orasinya, Amien meminta agar Tenaga Kerja Asing (TKA) dari Cina yang menjadi buruh kasar ilegal segera dipulangkan.



“Buruh kasar asing yang masuk ke Indonesia secara ilegal harus segera dipulangkan. Perpres Nomor 20 tahun 2018 tentang Penggunaan TKA juga harus dicabut,” kata Amien Rais.

Sembari merobek topeng buruh kasar asing yang diikuti oleh para demonstran, politikus senior ini menambahkan, rezim Presiden Joko Widodo telah melakukan sebuah kebijakan yang hampir tidak masuk akal. Menurutnya, pada saat tenaga kerja lokal bersusah payah mencari pekerjaan, pemerintah justru mempermudah masuknya TKA buruh kasar ke Indonesia.

Baca: Ombudsman RI temukan TKA Cina jadi buruh kasar dan sopir

“Sungguh mengerikan jumlah mereka (TKA), bahkan jumlahnya ratusan ribu,” ucap mantan Ketua Majelis Permusyawatan Rakyat (MPR) RI itu, sebagaimana dikutip laman Republika.

Sebelumnya, ratusan buruh dari Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia melakukan demonstrasi di depan gerbang Kompleks Parlemen.

Baca: Siapa yang disebut Amien Rais sebagai “Partai Setan”

Dalam aksinya, mereka melontarkan tiga tuntutan. Di antaranya menolak Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang TKA, menolak PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, dan meminta adanya revisi UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: