21 September 2018
Home / News / Nasional / BSSN berwenang pantau akun media sosial

BSSN berwenang pantau akun media sosial

Pekanbaru (RiauNews.com) – Indonesia kini memiliki Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang bertugas melaksanakan keamanan siber sefektif dan efisien mungkin dengan memanfaatkan, mengembangkan dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber.

Pendirian badan ini resmi setelah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2017, sebagaimana dibacakan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, saat Peringatan Hari lahir Pancasila, Kamis (1/6/2017) di Halaman Kantor Gubernur Riau Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Dalam Perpres tersebut ada beberapa fungsi BSSN, seperti penyusunan kebijakan teknis di bidang identifikasi, deteksi, proteksi, penanggulangan, pemulihan, pemantauan, evaluasi, pengendalian proteksi e-commerce, persandian, penapisan, diplomasi siber, pusat manajemen krisis siber, pusat kontak siber, sentra informasi, dukungan mitigasi, pemulihan penanggulangan kerentanan, insiden dan/atau serangan siber; pelaksanaan kerjasama nasional, regional dan internasional dalam urusan keamanan siber.

Sementara, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, pengawasan oleh BSSN tak hanya website, tapi juga akun media sosial yang dianggap tidak sesuai aturan.  Bahkan jika facebook tak mau bekerja sama maka facebook bisa saja dihilangkan dari Indonesia.

“Perpresnya (BSSN) sudah, sudah diundangkan ‎bahkan jadi ini mulai dari mendeteksi, mencegah, sampai ketika ada apa-apa kaitannya dengan cyber security dia juga memperbaiki,” kata Rudiantara.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: