19 Desember 2018
Home / News / Internasional / Perang dagang: AS naikkan tarif impor dari Cina hingga 100 miliar dolar

Perang dagang: AS naikkan tarif impor dari Cina hingga 100 miliar dolar

Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Kredit: Time Magazine)

Washington (RiauNews.com) – Dengan dalih melindungi produksi dalam negeri mereka, Presiden AS Donald Trump menginstruksikan Trade Representative AS untuk mempertimbangkan tarif tambahan senilai 100 miliar dolar AS untuk produk-produk Cina.

Hal ini makin memanaskan perselisihan dagang antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia saat ini.



Rencana Trump ini disampaikan satu hari hanya sehari setelah Cina mengeluarkan daftar produk-produk AS, termasuk kacang kedelai dan pesawat kecil senilai 50 miliar dolar AS, yang mungkin akan mengalami kenaikan tarif, sebagai balasan tindakan AS yang memberlakukan kenaikan tarif impor terhadap produk-produk Cina senilai 50 miliar dolar AS.

Presiden berlatar belakang pengusaha ini juga menginstruksikan menteri pertaniannya untuk menerapkan rencana guna melindungi petani dan kepentingan pertanian AS. Trump berpendapat, praktik perdagangan Cina telah menyebabkan penutupan pabrik-pabrik Amerika dan hilangnya jutaan pekerjaan di Amerika.

“Daripada memperbaiki kesalahannya, Cina telah memilih untuk merugikan petani dan produsen kami,” kata Trump. Tarif tersebut ditujukan untuk memaksa perubahan pada kebijakan pemerintah Cina terkait transfer kekayaan intelektual AS ke perusahaan Cina.

Ide memberlakukan tarif pembalasan ini membuat anggota parlemen asal Partai Republik –yang merupakan pengusung Trump pada Pemilihan Presiden 2016 lalu, justru khawatir akan mendatangkan pukulan besar bagi para eksportir pertanian AS.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: