23 September 2018
Home / News / Internasional / Makna bunga merah ini di Inggris

Makna bunga merah ini di Inggris

Pin bunga Poppy di jersey pemain Liga Inggris.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Bagi penggemar sepakbola Liga Inggris, pasti pernah melihat para pemain, pelatih maupun official mengenakan pin berbentuk bunga merah di baju atau jas yang mereka kenakan, saat pertandingan dilakukan di pertangahan bulan November.

Pin yang dipakai tersebut merupakan bunga Poppy, baik bunga asli maupun imitasi.



Dan sebenarnya, tak hanya pada pertandingan sepakbola pin tersebut dipakai, tapi hampir pada setiap acara-acara publik, baik yang disiarkan televisi maupun tidak, yang berlangsung di pertenganan November.

Jadi, apa makna yang terkandung dari simbol pengenaan pin bunga Poppy tersebut?

Ternyata ini berkaitan dengan Perang Dunia I yang berlangsung sengit di Flanders dan Picardy (Belgia dan Prancis Utara) sampai-sampai tidak ada yang tersisa di tempat tersebut, kecuali bunga Poppy.

Bunga Poppy.

Dikutip dari blog Carboonite, pada sekitar tahun 1915, seorang dokter berkebangsaan Kanada bernama John McCrae menuliskan sebuah puisi berjudul “In Flander Fields.” Puisi ini merupakan curahan hati McCrae selama ditugaskan di Eropa semasa Perang Dunia I.

Terinspirasi dari puisi McCrae tersebut, seorang guru besar Amerika Serikat bernama Moina Michael menjual bunga Poppy kepada rekan-rekannya untuk membantu keluarga para tentara yang gugur di medan perang. Semenjak saat itu, bunga Poppy menjadi bagian tak terpisahkan dari acara peringatan Perang Dunia I.

Untuk mengenang Perang Dunia I yang berakhir pada 11 November 1918, setiap pekan kedua bulan November diperingati sebagai Remembrance Sunday di Britania Raya. Bunga Poppy tersebut dijual baik asli maupun imitasi dan hasil penjualannya disumbangkan untuk veteran perang yang dikenal dengan nama British Legion.

Para selebriti Inggris ikut mengenakan in bunga Poppy dalam acara yang diselenggarakan pada bulan November. (Kredit: Just Jared)

Lambang bunga Poppy dipakai oleh para pemain Liga Inggris sebagai bentuk penghormatan kepada jasa-jasa para pahlawan yang gugur di medan perang tersebut. Selain itu, ini juga merupakan bentuk pesan kepada seluruh dunia bahwa perang bukan merupakan jalan terbaik dalam menyelesaikan masalah.

Menggunakan momen sepak bola untuk mengenang jasa para pahlawan adalah salah satu langkah positif yang dilakukan Inggris. Seperti diketahui, bahwa sepak bola mempersatukan semua orang dari etnis, suku, bangsa apa pun tanpa ada diskriminasi. Olah raga ini menjunjung tinggi rasa kepedulian dan rasa saling menghormati /respect, antar semua orang di dalam dan di luar lapangan.

Inggris menggunakan sepak bola untuk mengingatkan setiap warganya akan jasa-jasa para pahlawan mereka yang berjuang demi terciptanya kehormatan bangsa. Mungkin hal ini dapat ditiru di Indonesia agar lebih terciptanya rasa respect dalam sepak bola Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: