Home / News / Bisnis / Mobilio makin tergilas pasar low MPV, Honda siapkan amunisi baru

Mobilio makin tergilas pasar low MPV, Honda siapkan amunisi baru

Honda Mobilio.

Jakarta (RiauNews.com) – Sejak kehadiran Mitsubishi Xpander, persaingan pasar mobil nasional di kelas low Multi Purpose Vehicle (MPV) langsung berubah. Jika sebelumnya Toyota Avanza begitu perkasa, namun sekarang tak lagi.

Dampak “ganasnya” si pendatang baru ini juga dirasakan Honda yang mengandalkan Mobilio di kelas tersebut.

Sempat menempel penjualan Avanza, kini mulai tersingkir dari ingar bingar. Fakta itu setidaknya terlihat dari data penjualan wholesales (pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Juli 2018.

Data menyebut, peringkat pertama ditempati Xpander dengan raihan 7.570 unit, posisi kedua Avanza 6.766 unit, sementara Mobilio hanya terjual 3.388 unit di bulan ketujuh itu.

Penurunan penjualan Mobilio tak ditampik Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy. Kata dia, wajar hal itu terjadi, karena adanya produk baru yang masuk ke pasaran.

Saat ditanya akankah Honda tengah menyiapkan MPV baru, Jonfis langsung menjawabnya. “Rahasia.”

Tapi Jonfis berjanji jika Honda sudah mengeluarkan produk baru lagi, kue yang sempat terbagi itu akan kembali direbut. Sebab trennya memang seperti itu, di mana masyarakat suka dengan produk yang lebih segar.

“Diubah total setiap tahun enggak mungkin, enggak bisa dilakukan oleh siapa pun, mungkin sebagian orang enjoy dengan model baru, tapi yang sukses beberapa. Nanti saatnya kalau ada model baru kita akan enjoy, yang lain tertekan,” tutur dia.

Walau begitu bukan berarti semua produk baru bisa menuai kesuksesan. Karena ada juga beberapa model yang tetap tak laris di pasaran.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: