21 Oktober 2018
Home / News / Bisnis / Mobil penggerak roda depan atau belakang, mana yang lebih bagus?

Mobil penggerak roda depan atau belakang, mana yang lebih bagus?

Mitsubishi Xpander berpenggerak roda depan, menantang Toyota Avanza yang setia berpenggerak roda belakang.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Saat hendak membeli mobil, konsumen Indonesia biasanya tak terlalu memperhatikan sistem penggerak yang dipakai oleh kendaraan tersebut. Padahal, di pasaran terdapat tiga sistem penggerak, yakni penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD), penggerak roda belakang (rear wheel drive – RWD), dan gabungan keduanya 4WD (four wheel drive).

Di kelas low multi purpose vehicle (low MPV), pasar Tanah Air dihangatkan dengan persaingan Toyota Avanza dengan Mitsubishi Xpander. Avanza, seperti diketahui adalah penguasa pasar tersebut sejak 2004 lalu, meski muncul sejumlah pesaing seperti Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Namun pada Februari 2018 terpaksa turun tahta oleh kehadiran “anak kemarin sore” Xpander.



Toyota Avanza dan “saudara tuanya” Toyota Kijang mengusung sistem penggerak roda belakang, dan telah begitu familiar bagi masyarakat Tanah Air. Sebaliknya Xpander, Mobilio dan Ertiga kompak mengusung sistem penggerak roda depan. Nah manakah sebenarnya yang lebih baik?

Dikutip Riaunews.com dari laman rentalmobilbali.net, kedua sistem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Toyota Avanza menggunakan sistem penggerak roda belakang.

Keunggulan sistem penggerak roda belakang:

1. Desain penggerak mobil dengan penggerak roda belakang sangat sederhana. Terutama desain pada as roda, sangat kokoh dan kuat. Walaupun sering digunakan di jalanan yang rusak, biaya perbaikan tidak akan sebesar dari mobil penggerak roda depan.

Sebagai contoh, jika anda tanpa sengaja melewati jalanan berlubang atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi, pada mobil penggerak roda belakang lebih sering tidak akan terjadi kerusakan. Andai kata terjadi kerusakan pada as roda, biaya perbaikan jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil penggerak roda depan.

Mobil penggerak roda depan, sangat rawan akan kerusakan as roda jika anda melewati jalanan rusak tanpa sengaja dengan kecepatan lumayan tinggi. Selain itu, ongkos perbaikan as roda juga lebih mahal di mobil penggerak roda depan.

2. Keunggulan mobil penggerak roda belakang juga terdapat pada kesimbangan mobil yang lebih bagus. Terutama keseimbangan mobil saat anda berakselerasi dan pada saat mobil di kemudikan di kecepatan tinggi. Penyebabnya adalah berat kendaraan yang seimbang dari depan sampai ke belakang, karena terdapat as panjang ke roda belakang.

Honda Mobilio mengunakan sistem penggerak roda dapan.

Keunggulan sistem penggerak roda depan:

1. Biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda depan lebih murah, jika dibandingkan dengan biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda belakang (tentunya di kategori mobil yang sama). Kenapa lebih murah? Hal ini sebabkan oleh spare part pada sistem penggerak roda depan mobil, lebih sedikit. Selain itu, pemasangan drivertrain pada mobil yang menggunakan penggerak roda depan, lebih mudah.

2. Berat mobil jadi berkurang, karena tidak adanya gigi transmisi dan poros gardan untuk menyalurkan daya ke roda belakang. Dengan mobil yang lebih ringan, akan signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, mobil penggerak roda depan (FWD) lebih banyak ditemukan pada mobil city car dan low MPV keluarga.

3. Kelebihan FWD ada pada traksi mobil di jalanan licin terutama pada saat hujan. Traksi mobil penggerak roda depan lebih bagus pada jalan licin. Karena roda depan yang menarik roda belakang bukan roda belakang yang mendorong roda depan. Selain itu berat mesin mobil yang berada di depan, membantu traksi roda depan pada FWD saat hujan.

Kesimpulan

Jika dilihat dari keuntungan dan kekurangan mobil sistem penggerak roda depan atau belakang di atas, pemilihan mobil tergantung dari tipe anda mengemudi, kondisi jalan yang sering anda lewati dan harapan anda terhadap mobil, dan berdasarkan fungsi mobil untuk anda.

Jika anda tidak sering melewati jalanan rusak, hanya digunakan untuk dalam kota, tidak suka berakselerasi cepat, ingin bahan bakar lebih irit, serta penumpang sangat jarang penuh sampai ke kursi baris ketiga. Maka mobil dengan sistem penggerak roda depan akan sangat cocok untuk anda.

Namun, jika sebaliknya maka lebih disarankan untuk membeli yang menggunakan penggerak roda belakang.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: