Kam 24 Rabiul awal 1441 H, 21 November 2019
Home / Nasional / Warga panik, bom pesawat Sukhoi TNI AU jatuh di kebun tebu

Warga panik, bom pesawat Sukhoi TNI AU jatuh di kebun tebu

Bom latihan yang jatuh di kebun tebu. (Foto: RMOL.id)

Lumajang (Riaunews.com) – Warga Dusun Krajan, Desa Bago, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sempat panik karena ada bom jatuh di daerah mereka, Jumat (6/9/2019).

Bom itu ternyata adalah bom latih seberat 100-125 kilogram yang jatuh dari pesawat Sukhoi milik TNI AU yang sedang latihan di Lapangan AWR Pandanwangi Tempeh dan melintas di wilayah Pasirian.



Bom latih tersebut jatuh di kebun tebu setelah ada pesawat tempur yang melintas di udara, dan saat itu bom tidak meledak hanya mengeluarkan asap dan menancap di tanah.

Selanjutnya oleh warga yang mengetahui langsung dilaporkan ke Polsek Pasirian dan Koramil Pasirian.

Dilansir laman RMOL.id, Kapolres Lumajang AKBP M. Arsal Sahban mengatakan, kejadian ini terjadi akibat adanya human eror dan untungnya tidak ada korban jiwa maupun materiil akibat jatuhnya bom seberat 125 kg tersebut.

“Bom latih yang jatuh tersebut sudah dievakuasi dan dikembalikan ke lokasi latihan di AWR Pandanwangi oleh petugas polsek menggunakan kendaraan Patroli 02 Polsek Pasirian,” ujar Kapolres, Sabtu (7/9).

Pihak AWR Pandanwangi juga telah menjelaskan bahwa bom yang terjatuh tidak memiliki daya ledak karena tujuannya semata-mata untuk latihan saja dan kepada warga diminta agar tidak panik terkait kejadian ini.

“Bom latih tersebut tidak memiliki daya ledakan dan hanya mengeluarkan asap karena hanya untuk latihan saja. Lain kali kami akan lebih berhati-hati dalam pengoprasian pesawat tempur agar kejadian serupa tidak terjadi lagi dikemudian hari,” kata Kepala AWR Pandanwangi Kapten Joko. ***

Komentar