Tue 13 Rabi Al Thani 1441 H, 10 December 2019
Home / Nasional / UGM: UAS bukan penyebab pembatalan kuliah umum di masjid kampus

UGM: UAS bukan penyebab pembatalan kuliah umum di masjid kampus

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Aryani.

Yogyakarta (Riaunews.com) – Universitas Gadjah Mada (UGM) menjelaskan duduk perkara pembatalan kuliah umum dengan pembicara Ustaz Abdul Somad (UAS). Kuliah umum itu diadakan Takmir Masjid Kampus UGM yang sedianya digelar pada Sabtu (12/10/2019) besok.



Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Aryani, mengatakan pembatalan itu bermula saat Rektor UGM, Panut Mulyono, menerima surat undangan dari takmir untuk menghadiri kuliah umum UAS. Namun Panut tak bisa menghadirinya.

“Jadi awalnya Pak Rektor mendapatkan undangan dari panitia untuk menghadiri acara tersebut. Lalu setelah menimbang beberapa hal, Rektor Universitas Gadjah Mada kemudian menyampaikan tidak akan hadir,” kata Iva, dilansir Detikcom.

Tak hanya itu, tutur Iva, Panut juga menghendaki agar kuliah umum UAS di Masjid Kampus dibatalkan. Keputusan itu diambil setelah pimpinan kampus mempertimbangkan sejumlah hal, termasuk dalam menimbang pro-kontra yang terjadi.

“Alasannya (pembatalan kuliah umum UAS) lebih kepada untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik – kegiatan nonakademik dengan jati diri UGM, lebih pada acara itu,” jelasnya.

Selain untuk mengantisipasi pro-kontra, lanjut Iva, pembatalan kuliah umum juga karena salah satu pembicara, yakni Prof Heddy Shri Ahimsa Putra mengundurkan diri. Padahal awalnya konsep kuliah umum akan diisi dua narasumber, Prof Heddy dan UAS.

“Lalu kemudian muncul beberapa pendapat di internal dan eksternal kampus. Lalu kemudian pimpinan Universitas mengambil kebijakan seperti itu,” ujar Iva.

Iva menegaskan pembatalan kuliah umum ini bukan karena UGM tak bersedia menerima kehadiran UAS di kampus. Menurutnya, alasan pembatalan lebih dikarenakan tak sesuainya konsep acara, sehingga pimpinan kampus membatalkan acara tersebut.

“Sebenarnya (pembatalan kuliah umum) bukan (karena) pembicaranya (UAS), tapi lebih ke acaranya. Karena memang satu-dua pembicara, lalu Prof Heddy Ahimsa mengundurkan diri,” papar Iva.

“Itu (pengunduran diri Prof Heddy) menjadi salah satu pertimbangan yang kemudian pimpinan Universitas mengambil kebijakan ‘oke saat ini acara tanggal 12 (Oktober) itu sebaiknya dibatalkan dulu’,” lanjutnya.

Komentar