Jum 9 Rabiul akhir 1441 H, 6 Desember 2019
Home / Nasional / Ternyata Jokowi dan menterinya Tak kompak soal pemindahan ibu kota

Ternyata Jokowi dan menterinya Tak kompak soal pemindahan ibu kota

Menteri ATR Sofyan Djalil.

Jakarta (Riaunews.com) – Pernyataan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil, yang keceplosan kalau ibu kota baru Indonesia akan pindah ke Kalimantan Timur dibantah oleh Presiden Jokowi.



Ia mengaku jika pemerintah belum menentukan provinsi yang akan menjadi ibu kota baru karena masih ada kajian yang belum selesai.

Meski begitu, mantan gubernur DKI Jakarta ini enggan menjelaskan lebih detil apa kajian yang belum usai tersebut, lantaran laporannya belum diterimanya.

“Kita akan umumkan pada waktunya. Saat ini masih menunggu kajian. Tinggal satu, dua kajian,” kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019).

Kalimantan Timur ‘mengalahkan’ dua kandidat kuat wilayah ibu kota baru, yakni Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, seperti dikutip dari VIVAnews, telah mengkaji keunggulan Kalimantan Timur dibanding dua provinsi alternatif.

Menurutnya, ada sembilan keunggulan yang dimiliki Kalimantan Timur. Ia juga mengaku akan menerapkan sistem smart city (kota cerdas) di ibu kota baru, di Provinsi Kalimantan Timur.

Bambang menjelaskan, smart city, adalah kota cerdas dalam segala aspek sehingga menjadi sebuah wilayah yang berkelanjutan dan nyaman menjadi tempat tinggal bagi masyarakat.

Lalu, salah satu syarat terpilihnya suatu daerah sebagai ibu kota, harus bebas dari bencana alam, salah satunya gempa bumi. Beberapa saat setelah diumumkan bakal jadi ibu kota baru, Kalimantan Timur terkena gempa bumi.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Pusat Seismologi Eropa-Mediterania lewat situs resminya, www.emsc.csem.org, pada Kamis, 22 Agustus 2019, serta akun Twitter @Gempa_Tsunami.

Padahal, salah satu keunggulan Kalimantan Timur adalah bebas gempa bumi. Memang sih, secara umum, Kalimantan adalah kawasan paling aman terhadap gempa bumi dibandingkan pulau besar lainnya di Indonesia.

Namun, bukan berarti Kalimantan benar-benar bebas gempa. Bicara gempa yang melanda Kalimantan Timur, catatan di masa lalu menunjukkan, kota Balikpapan, pernah diguncang gempa bumi berkekuatan 6,1 SR pada 1984.***

Komentar