Tue 13 Rabi Al Thani 1441 H, 10 December 2019
Home / Nasional / Rocky Gerung: Jokowi yang pertama kena jika hoax dijerat UU Terorisme

Rocky Gerung: Jokowi yang pertama kena jika hoax dijerat UU Terorisme

Presiden Joko Widodo. (Foto: CNN Indonesia)

Jakarta (RiauNews.com) – Pakar filsafat dan politik, Rocky Gerung menyebut Presiden Joko Widodo adalah orang pertama yang harus dikenakan Undang-undang Terorisme, apabila undang-undang tersebut diterapkan pada pelaku penyebaran berita bohong atau hoax.

“Kalau sekarang dipakai Undang-undang Terorisme, coba konsekuen, siapa pembuat hoax terbaik dan terbanyak? Ya presiden. Dari awal, Presiden sudah bikin hoax tentang Esemka. Maka, perlakukan Undang-undang Terorisme pertama pada Presiden. Itu konsekuensi dari cara berpikir hukum yang otoriter, akan kena dirinya sendiri,” kata Rocky dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) tvOne, Selasa malam, 26 Maret 2019.

Baca: Debat sengit Rocky Gerung vs Renald Khasali dan TKN Jokowi di ILC

Selain Jokowi, menurutnya, calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin juga bisa dikenakan UU ini, karena pun telah melakukan penyebaran hoax juga seperti Jokowi. Sebab, kata dia, Ma’ruf telah mengamini akan ada produksi Esemka pada Oktober lalu.

“Siapa lagi yang mesti kena, ya selain Presiden, ya Pak Ma’ruf Amin,” kata dia.

Malah, menurut Rocky, hoax yang dibuat Jokowi jumlahnya banyak. Sehingga, Jokowi sudah bisa dihukum berkali-kali.

Baca: Heboh akun Opposite6890 bongkar produsen hoax terbesar, Mabes Polri?

“Jadi, kalau didaftarkan, ya sudah beredar di media massa itu. Hoax-nya Presiden itu sudah 60, jadi akumulasi kejahatannya sudah dihukum berkali-kali sebagai teroris itu. Karena, enggak ada yang benar,” ujarnya menyudahi.***[VIVA]

Komentar