Kam 24 Rabiul awal 1441 H, 21 November 2019
Home / Nasional / Presiden Joko Widodo pimpin upacara kenegaraan pemakaman BJ Habibie

Presiden Joko Widodo pimpin upacara kenegaraan pemakaman BJ Habibie

Pasukan Paspampres mengangkat peti jenazah Presiden RI ke-5 BJ Habibie untuk dibawa ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. (Foto: CNN Indonesia)

Jakarta (Riaunews.com) – Seperti yang sudah direncanakan rombongan dan iring-iringan jenazah BJ Habibie tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pukul 13.33 WIB, Kamis (12/9/2019).

Peti yang dibalut bendera merah putih itu langsung dikeluarkan dari mobil. Selanjutnya sejumlah anggota militer tampak menggotong peti.



Para pembawa peti jenazah melangkah ke lokasi pemakaman di blok M120 dengan musik iringan tim marching band.

Prosesi pemakaman bakal dilakukan dengan upacara kenegaraan yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

Sebelumnya sekitar pukul 13.05 WIB Presiden Joko Widodo tiba di TMP Kalibata didampingi Iriana Jokowi. Berselang 5 menit setelahnya diikuti Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Mufidah Jusuf Kalla.

Diwartakan CNNIndonesia.com, sementara sejumlah tokoh tampak menghadiri pemakaman B.J. Habibie diantaranya istri Presiden ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah, Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Boediono, dan Hamzah Haz.

BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pada pukul 18.05 WIB, Rabu (11/9). Habibie wafat di usianya yang ke-83.

Dia sempat dirawat di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Paviliun Kartika RSPAD sejak 1 September 2019. Habibie meninggalkan dua anak, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Sementara istrinya, Hasri Ainun Besari telah meninggal dunia lebih dahulu pada 2010 di Jerman.

Pemerintah kemudian menetapkan hari berkabung nasional hingga 14 September mendatang. Selain itu, kantor-kantor pemerintah baik di dalam mau pun luar negeri juga diminta mengibarkan bendera setengah tiang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, juga kepada kantor-kantor lembaga negara atau pemerintah, baik di dalam maupun luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang sampai tanggal 14 September 2019,” Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta.

Sejumlah tokoh nasional langsung melayat ke rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta pada Rabu malam (11/9). Mereka ingin mendoakan dan melihat Habibie untuk terakhir kali.

Dari mulai Presiden Joko Widodo, Prabowo Subianto, hingga Susilo Bambang Yudhoyono. Sejauh ini, telah banyak pula tokoh nasional dan petinggi lembaga negara yang hadir dalam pemakaman Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata.***

Komentar