Sabtu, 25 Januari 2020
Home / Nasional / Lama ‘mati suri’ tambang batubara Ombilin kembali berproduksi tahun depan

Lama ‘mati suri’ tambang batubara Ombilin kembali berproduksi tahun depan

Tambang batu bara Ombilin di Sawahlunto, akan kembali beroperasi tahun depan. (Foto: alif.id)

Sawahlunto (Riaunews.com) – Tambang Batubara Ombilin (TBO) di Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat, akan berproduksi lagi tahun 2020 mendatang. Direncanakan, produksi sekitar 350 ribu ton per tahun.



General Manajer (GM) PT Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin, Nan Budiman kepada Singgalang, Kamis (17/10/2019) mengatakan, meski masa depan Tambang Ombilin ada di underground mining (tambang bawah tanah-red), tapi PT BA masih punya cadang sedikit di penambangan terbuka di Kawasan Langkok.

“Cadangan batubara yang bisa ditambang sekitar 1,3 juta ton. Sebagian batubara di Langkok pernah ditambang penambangan rakyat, tapi batubara di lapisan A. PT Bukit Asam, nanti akan menambang batubara lapisan B dan C,” ujarnya.

Namun, masalah sekarang adalah tanah ulayat. Areal yang akan ditambang masuk Nagari Sijantang atau Nagari Kolok. Bulan depan, menurutnya, PT Bukit Asam akan melakukan pengukuran untuk memastikan areal akan ditambang di salah satu ulayat itu.

“Secara teknis, kami sudah siap. Tiga tahun di tambang terbuka dan sisanya dilanjutkan di penambangan bawah tanah. Akhir semester pertama sudah keluar batubara,” ujar Nan Budiman.***

 

Singgalang
%d blogger menyukai ini: