Tue 13 Rabi Al Thani 1441 H, 10 December 2019
Home / Nasional / FPI bantah pernyataan Dubes yang sebut Habib Rizieq serobot doa

FPI bantah pernyataan Dubes yang sebut Habib Rizieq serobot doa

Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab
membacakan doa saat pemakaman Mbah Moen. (Foto: Viva)

Jakarta (Riaunews.com) – Pernyataan Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel yang menyebut Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab melakukan penyerobotan doa saat pemakaman KH Maimun Zubair atau Mbah Moen, dibantah oleh FPI.

Pengurus DPP FPI Slamet Ma’arif kepada wartawan, Kamis (8/8/2019) membeberkan kronologi kejadian yang informasinya kemudian dianggap menyesatkan dan terkesan menyudutkan Habib Rizieq.



Slamet menuturkan awalnya jenazah Mbah Moen disalatkan berkali-kali di kantor Daker Mekah. Habib Muhammad bin Idrus Alhaddad dan KH Anwar Manshur (Lirboyo) menjadi imam dalam salat tersebut.

“Kemudian disalati lagi di Masjidil Haram. Lalu disalati lagi di Ma’la saat baru masuk di-Imami oleh Sayyid Ashim bin Alwi bin Abbas al-Maliki,” kata Slamet.

Setelah disalatkan, jenazah Mbah Moen kemudian dimakamkan di Al Ma’la. Slamet menyebut Habib Hanif Alathos memimpin talkin mayyit fil qobr.

“Dilanjutkan Habib Rizieq pimpin doa dan mengajak jemaah bersaksi bahwa Mbah Moen min ahlil khair,” ujar Slamet.

Slamet menegaskan proses pembacaan talkin dan doa itu disaksikan langsung Menag Lukman Hakim Saifuddin dan Dubes Agus Maftuh. Dia menyesalkan pihak-pihak yang memelintir informasi mengenai hal tersebut.

“Semua yang di tempat menyaksikan, termasuk menteri agama dan dubes lihat langsung, dan semua lengkap videonya tapi orang-orang liberal mau melintir-melintir dan tak terima. kasihan kalau kebencian sudah mendarah daging,” ujar dia.

“Mudah-mudah Allah jaga hati kita dari fitnah, Allah berikan kita husnulkhatimah dan kita tidak diharamkan dari keberkahan kaum solihin,” sambung dia.

Sebelumnya, Dubes Agus Maftuh menepis narasi yang berkembang di media sosial bahwa Habib Rizieq memimpin doa di pemakaman Mbah Moen. Agus Maftuh menyebut Imam Besar FPI itu melakukan penyerobotan doa.***

Komentar