Rab 17 Safar 1441 H, 16 Oktober 2019
Home / Kesehatan / Jangan tahan bersin kalau tak ingin sakit

Jangan tahan bersin kalau tak ingin sakit

Pekanbaru (RiauNews.com) – Bagi sebagian orang, ada yang menahan bersin di depan umum sering dilakukan agar dianggap sopan. Namun ternyata kebiasaan “menjaga” kesopanan tersebut bisa berakibat fatal terhadap kesehatan.

Seorang pria 34 tahun di Inggris yang mencoba menahan bersin dengan menutup mulut dan menjepit hidungnya dengan tangan, merasakan sensasi sakit di tenggorokannya tak berapa lama kemudian.

Seperti dipublikasikan British Medical Journal, lehernya mulai membengkak dan kemudian kesulitan menelan makanan serta berbicara. Dan, setelah menghabiskan tujuh hari di rumah sakit, dia diberi makan dengan tabung nasogastrik hingga akhirnya sembuh total.



Bersin biasanya dipicu ketika lendir, alergen, atau benda asing seperti serangga masuk ke hidung. Tubuh pun secara alami akan menyingkirkannya melalui bersin. Diafragma dan otot-otot di antara tulang rusuk berkontraksi untuk mengeluarkan apapun dari dalam hidung.

Lubang hidung hendaknya tetap terbuka. Kekuatan bersin bergantung pada ukuran hidung dan kapasitas paru-paru, mencapai 150-800 kilometer per jam. Menahan bersih dengan cara menutup hidung dan mulut berarti menahan udara yang seharusnya dilepaskan.

“Jika Anda mencoba menekan kecepatan udara yang keluar dari paru-paru, ini bisa menyebabkan kerusakan di telinga tengah dan dalam kondisi terburuk merusak pendengaran,” kata Direktur The ENT Institute di Atlanta, Jeffery Gallups, dilansir Republika dari Reader’s Digest, Senin (5/2/2018).

Kemungkinan lain yang terjadi adalah ruptur faring spontan, seperti yang dialami pria di atas. Dia menahan bersinnya dengan kuat, sehingga memaksa gelembung udara keluar di jaringan dada dan leher. Ini kemudian menimbulkan banyak komplikasi.

Karena tidak ada cara pasti mengatasi bersin, lakukan saja dan biarkan apa adanya. Anda sebaiknya menyediakan tisu ketika bersin, kemudian segera buang ke tempat sampah. Cuci tangan setelahnya untuk menyingkirkan kuman.***

Komentar

Tinggalkan Balasan