Rab 16 Rabiul awal 1441 H, 13 November 2019
Home / Internasional / Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi meninggal saat persidangan

Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi meninggal saat persidangan

 

Mohamed Morsi

Kairo (RiauNews.com) – Mantan Presiden Mesir, Mohamed Morsi meninggal dunia saat menjalani persidangan di pengadilan negara setempat, Senin (17/6/2019). Stasiun televisi pemerintah Mesir menyebut, presiden yang digulingkan dalam kudeta militer 2013 itu sempat pingsan dan tak lama lalu mengembuskan napas terakhir.



“Jenazahnya telah dipindahkan ke rumah sakit dan prosedur yang diperlukan sedang berlangsung,” demikian dilaporkan Nile News TV, Senin (17/6/2019).

Dilansir dari BBC, Morsi jatuh pingsan setelah memberi kesaksian di pengadilan di Kairo atas tuduhan spionase terkait dugaan kontak dengan Kelompok Islam Palestina Hamas, yang memiliki hubungan dekat dengan Ikhwanul Muslimin.


Baca Juga:


Dia berbicara selama sekitar lima menit dari ruang kaca kedap suara, yang menurut para pejabat dirancang untuk mencegah dirinya mengganggu proses persidangan.

Morsi dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit pada pukul 16.50 waktu setempat. Jaksa Penuntut Umum Mesir mengatakan, sebuah laporan awal menyatakan Morsi tidak menunjukkan tanda-tanda cedera pada tubuh.

Morsi dipilih sebagai presiden ketika masih menjadi pemimpin Ikhwanul Muslimin tetapi ia digulingkan oleh militer satu tahun kemudian.

Di bawah pemerintahan yang sekarang, Morsi menghadapi berbagai dakwaan termasuk spionase.***

 

Komentar