23 September 2018
Home / Hukum & Kriminal / Sekdaprov Riau diperiksa terkait dugaan kasus korupsi Dispora

Sekdaprov Riau diperiksa terkait dugaan kasus korupsi Dispora

Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, diperiksa Kejaksaan Tinggi Riau guna dimintai keterangan dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan anggaran Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau tahun anggaran 2016 sebesar Rp21 miliar, Rabu (21/3/2018).

Dijumpai usai diperiksa, Ahmad terlihat irit bicara, namun dia membenarkan bahwa dirinya ditanyai tentang perkara di Dispora Riau.



“Sambil diskusi saja tentang mekanisme anggaran, tatib (tata tertib pembahasan anggaran) di DPRD dan lainnya,” katanya singkat, yang dikutip oleh Antara.

Sementara, Asisten Pidsus Kejati Riau Subekhan, membenarkan adanya pemeriksaan saksi terkait Dispora Riau. Dia menuturkan, selain Ahmad, pihaknya sebelumnya turut memeriksa sejumlah saksi lain yakni Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dispora Riau.

Untuk diketahui, dugaan penyimpangan itu terjadi pada kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana olahraga pada Dispora Riau dengan menggunakan dana dari APBD Perubahan Provinsi Riau tahun anggaran 2016, sebesar Rp21 miliar.

Perkara ini ditingkatkan ke penyidikan pada Februari 2018 lalu, namun belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka.

Dugaan penyimpangan itu merupakan tindaklanjut temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap proyek di Dispora Riau tahun anggaran 2016, dimana ada penyimpangan sebesar Rp3,5 miliar.

Dalam proses pengumpulan bahan dan keterangan, penyidik juga sudah memanggil Kepala Dispora Riau, Doni Aprialdi, dan mantan Kadispora, Edi Yusti. Penyidik juga memanggil rekanan yang mengerjakan proyek tersebut. ***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: