Sen 22 Safar 1441 H, 21 Oktober 2019
Home / Hukum & Kriminal / Andre Taulany dilaporkan atas dugaan penistaan agama

Andre Taulany dilaporkan atas dugaan penistaan agama

Andre Taulany.

Jakarta (RiauNews.com) – Komedian dan presenter Andre Taulany dilaporkan ke polisi karena diduga melakukan penistaan agama karena dirasa menghina Rasulullah SAW lewat candaannya melalui sebuah acara televisi.

Andre dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri, juga ke Polda Metro Jaya. Di Bareskrim Polri, Andre dilaporkan oleh oleh Persaudaraan Alumni 212 pada Sabtu (4/5/2019).

Baca: Celetukan Andre Taulany mengenai keharuman badan Nabi Muhammad: Itu badan apa kebon?

Tim Hukum PA 212, Dedi Suhardadi menyebut, dia membuat laporan atas nama pribadi dan PA 212. Menurut dia, meski Andre seorang komedian, tak layak bila Rasulullah SAW dibuat bahan bercanda.

“Begini, saya tahu dia itu komedian. Tapi tolong kalau sudah menyangkut namanya Rasulullah, jangan dong. Dia mesti bisa mawas diri. Dia musti tahu dong. Saya kira dia orang cerdas, dia Muslim, ngerti. Kata-kata itu enggak layak gitu loh,” kata dia di Gedung Bareskrim Mabes Polri.

Dia mengatakan, dilaporkannya Andre bukan karena ingin sengaja mencari kesalahan Andre. Andre akhirnya dilaporkan karena tak meminta maaf atas pernyataannya itu, padahal Habib Muhammad Hanif Alathos sudah mengecamnya.

Baca: Andre Taulany ejek Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad.

“Kalau enggak salah itu videonya memang dua tahun lalu, 2017. Tapi karena memang baru mengetahui, jujur, baru kemarin, begitu saya lihat videonya, agak lengkap lah, saya sebagai seorang Muslim merasa sedih, marah,” ujarnya.

Dalam laporannya, Dedi membawa barang bukti berupa cuplikan video Andre dari YouTube yang diduga mengandung penistaan agama. Selain itu, dia membawa print out pemberitaan media online.

Sementara itu, laporan di Polda Metro Jaya dibuat oleh seorang advokat bernama Sulistyowati atas tuduhan yang sama. Laporannya bernomor TBL/2727/V/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 4 Mei 2019 dan Andre dilaporkan atas Pasal 156a KUHP tentang Penistaan Agama.

Baca: Jika bohong Andre Taulany terancam jadi tersangka

Sulistyowati mengaku ia tak terima dengan pernyataan Andre, sehingga akhirnya memilih langkah hukum. Sebagai figur publik, menurut dia, harusnya Andre jadi contoh baik.

Sebagai komedian harusnya dia bisa mencari bahan candaan lain bukan menghina Rasulullah SAW. Belum lagi Andre juga menurutnya pernah diduga menghina Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad

“Sebenarnya tidak hanya untuk pelawak, buat siapa pun juga jaga adab terhadap para ustaz kami, ulama kami bahkan jangan pernah memperolok-olok Rasulullah. Kami Umat Islam pasti tidak terima,” katanya lagi.

Dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Andre diduga dilakukan pada 2017 dalam acara di salah satu stasiun televisi swasta nasional. Saat itu Andre dan pelawak Sule menjadi host dalam acara tersebut.

Hadir sebagai bintang tamu dalam acara itu yakni Muhammad Devirzha atau biasa disapa Virzha “Idol”. Berawal saat Sule menanyakan ke Virzha mengenai filosofinya tentang parfum.

“Aku pernah baca kisah. Jadi Nabi Muhammad itu aromanya seribu bunga gitu. Berawal dari situ sih. Kalau kita bisa wangi, kenapa enggak,” jawab Virza.

Tiba-tiba Andre mengeluarkan celetukan,”Aroma seribu bunga? Itu badan apa kebon?.

Kalimat inilah yang dinilai menuai kontroversi. Disebutkan di video yang beredar di YouTube bahwa acara itu tayang pada 2017. Namun baru beberapa hari ini viral.***[VIVA]

Komentar