Sab 19 Rabiul awal 1441 H, 16 November 2019
Home / Bisnis / Mitsubishi luncurkan Xpander versi gagah 12 November nanti

Mitsubishi luncurkan Xpander versi gagah 12 November nanti

Bocoran bagian depan Xpander Cross. (Foto: GridOto)

Jakarta (Riaunews.com) – Mitsubishi Motors akan meluncurkan mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) Crossover, di Jakarta, pada 12 November 2019 mengatang. Produk terbaru itu pertama kali hadir di dunia, dan digadang-gadang akan menyandang nama Xpander Cross.



Platform yang digunakan untuk MPV Crossover berlogo Tiga Berlian tersebut sama dengan Xpander. Namun ground clearance dibuat lebih jangkung 20 sentimeter dari Xpander versi standar, dan memiliki tampilan desain eksterior yang lebih gagah.

Cara yang dilakukan Mitsubishi menghadirkan varian baru tersebut mirip strategi Toyota, Daihatsu atau Honda. Ketiga merek mobil asal Jepang tersebut juga memanfaatkan MPV sebagai basis mobil crossover atau Low SUV sejak beberapa tahun lalu.

Toyota menggunakan platform Avanza untuk Rush, kemudian Daihatsu Xenia disulap menjadi Terios, dan Honda Mobilio mejadi BR-V. Kini giliran Mitsubsihi yang akan meramaikan pasar di kelas tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, Minoru Uehara, Chief Product Specialist B & C Segment, Product Strategy Division MMC, mengatakan, Xpander Crossover lahir berdasarkan survei yang dilakukan oleh keluarga muda di Indonesia, salah satu segmen konsumen terkuat Mitsubishi. Salah satu poin utama masukan itu, adalah kebutuhan akan sosok Xpander yang bukan hanya berstatus mobil keluarga, tetapi juga bisa diajak berpetualang ke luar kota.

“Alasan ini juga yang membuat kami mempertahankan konsep 7-penumpang untuk crossover ini. Jadi kalau mau bawa barang banyak (untuk berpetualang) konfigurasi pelipatan jok baris ketiga dan kedua bisa diatur, seperti Xpander,” ucap Uehara.

Lewat hasil riset ini, kemudian Mitsubishi mencoba meningkatkan penampilan Xpander jadi lebih macho dari sebelumnya.

Hasilnya, wujud Mitsubishi Xpander Crossover memang tampil lebih SUV, dengan tambahan sentuhan desain baru pada kap mesin, bemper, gril, serta bekalan lampu LED pada seluruh pusat penerangan bagian depan kendaraan. Tambahan lain, seperti skid plate, rear diffuser, side skirt, dan roof rail juga bikin aura SUV semakin kental.

Tapi, jika bagi calon konsumen yang sudah kepincut dengan desain macho yang ditawarkan Xpander Crossover, ada kompensasi yang harus dibayar.

Selain status varian tertinggi yang sudah pasti harganya bakal lebih mahal dari Xpander yang ada saat ini di pasar, juga ada masalah konsumsi bahan bakar.

“Lebih boros dari model yang ada (Xpander). Tapi, nilai jual dari kendaraan ini adalah style penampilannya, selain itu kegiatan di luar kota tentu akan berbeda konsumsi bahan bakarnya dari di perkotaan saja,” kata Uehara.

Uehara tidak menyebutkan secara spesifik, berapa lebih borosnya Xpander Crossover ini. Namun, dari logika berfikir, menggunakan pelek dan ban yang lebih lebar, tentu membuat putaran jadi lebih berat, sehingga konsumsi bahan bakar terpengaruh.***

Komentar