Sel 16 Safar 1441 H, 15 Oktober 2019
Home / Bisnis / Komponen lokal Esemka kalah jauh dari Xenia-Avanza

Komponen lokal Esemka kalah jauh dari Xenia-Avanza

Pikap Esemka Bima yang diresmikan peluncurannya oleh Presiden Joko Widodo. (Foto: Tribunnews)

Jakarta (Riaunews.com) – Sebenarnya hingga saat ini pihak manajemen PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) belum terbuka soal tingkat komponen lokal pada produk Esemka Bima yang dibanderol Rp110 juta on the road.

Namun, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi sempat membocorkan bahwa komponen lokal mobil Esemka sudah di atas 60%.



Komponen lokal pada Esemka wajar masih lebih rendah karena baru diluncurkan. Dibandingkan dari klaim komponen lokal mobil pemain lama yang sama-sama diproduksi Indonesia. Astra Daihatsu Motor (ADM) misalnya mengklaim komponen mobil Xenia-Avanza sudah sampai 94%.

“Xenia-Avanza 94 persen, Terios 89 persen, Agya-Ayla 92 persen, dan Sigra-Calya 92 persen,” kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra, yang menegaskan mobil-mobil garapannya telah banyak menggunakan komponen lokal seperti dikutip dari detikcom.

Presiden Joko Widodo sempat menyinggung kandungan komponen mobil Esemka, ia bilang memang belum sampai 80%.

“Artinya local content-nya sudah baik. Meskipun saya tahu pasti belum sampai angka 80, apalagi 100%. Tapi sebagai sebuah usaha pertama dalam memulai industri otomotif dengan brand dan prinsipal Indonesia, ini kita harus acungi jempol keberanian PT Solo Manufaktur Kreasi ini,” ujar Jokowi saat peluncuran perdana Esemka, Jumat (6/9).

Bagaimana bila dibandingkan dengan komponen lokal mobil yang sudah lebih lama diproduksi di Indonesia macam Kijang Innova, catatan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), komponen lokal Kijang Innova mencapai 85%.

Kandungan lokal Kijang ini memang sudah signifikan bertambah sejak peluncuran perdana pada 1977, saat itu komponen lokal masih 19%. Pada 2004 saja, komponen lokal Kijang masih 53%.

Selain Kijang, komponen lokal mobil buatan Toyota memang masih di bawahnya, antara lain Toyota Sienta 80%, Toyota Fortuner, Toyota Vios, Toyota Yaris masing-masing 75%, dan Toyota Etios Valco hanya 60%.

Komentar