Kamis, 23 Januari 2020
Home / Bisnis / Catat: Tiket murah Lion Air tak termasuk biaya bagasi

Catat: Tiket murah Lion Air tak termasuk biaya bagasi

Pesawat Lion Air jenis Boeing 747-400.

Jakarta (Riaunews.com) – Maskapai penerbangan Lion Air diketahui menurunkan harga tiket pesawat rute domestik miliknya. Masyarakat pengguna pesawat terbang menyambut baik hal ini.

Akankah langkah Lion Air diikuti maskapai lainnya lainnya?



Pengamat Penerbangan, Gatot Raharjo, memprediksi hal ini tidak akan terjadi. “Sepertinya tidak akan diikuti maskapai lain, terutama Garuda Indonesia. Karena Garuda sekarang baru merasakan untung dengan harga tiket yang normal,” kata dia, kepada Merdeka.com, Ahad (12/1/2020).

Demikian pula pada maskapai penerbangan Citilink. Sebab penurunan harga akan membuat maskapai tersebut menderita kerugian.

“Tapi Citilink mengikuti kebijakan Garuda, jadi bisa saja dia dikorbankan untuk bersaing dengan Lion,” ujarnya.

Maskapai lain, seperti Sriwijaya Air juga diprediksi tidak akan mengambil keputusan untuk menurunkan harga tiketnya. “Kalau Sriwijaya saat ini produksi-nya dipangkas habis. Kalau dia juga pasang harga rendah, bisa rugi,” ungkap Gatiti.

Lebih lanjut Gatot menilai meski sudah turun namun harga tiket Lion Air sebetulnya masih tinggi. Sebab, harga yang tertera tidak termasuk biaya bagasi.

“Sebenarnya harga tiket pesawat murah Lion itu, karena dia juga mengenakan biaya bagasi, jadi jatuhnya mahal juga,” tutupnya.

Berdasarkan penelusuran Riaunews.com di salah satu pemesanan tiket online, harga tiket pesawat rute domestik memang mengalami penurunan.

Misalnya, dari Pekanbaru-Jakarta kini harganya berkisar antara Rp600 ribu – Rp700 ribuan. Padahal, sebelumnya harga tiket paling murah Rp1 juta an.

Sementara itu, rute Jakarta-Medan yang sempat dikeluhkan banyak orang karena dinilai menjadi terlampau mahal kini turun. Harga tiket kembali menjadi Rp 700.000 an.***

%d blogger menyukai ini: