20 September 2018
Home / News / Nasional / Zumi Zola nyatakan siap jika dipanggil KPK

Zumi Zola nyatakan siap jika dipanggil KPK

Gubernur Jambi Zumi Zola.

Jambi (RiauNews.com) – Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan dirinya siap jika dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi untuk dimintai keterangan, terkait ditangkapnya sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Jambi dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Selasa (28/11/2017) lalu.

“Sikap yang diambil tentunya adalah patuh pada proses hukum yang berlaku, menghormati para petugas KPK yang datang ke Jambi untuk melaksanakan tugasnya, dan sayapun ditanyakan apabila dipanggil oleh KPK saya katakan insyaAllah saya siap. Itu karena saya sebagai warga negara Indonesia dan juga sebagai pejabat negara, harus tunduk pada hukum,” ucap Zumi, di kediaman dinasnya, Jumat (1/12/2017).

Zola menyebut, kejadian OTT yang menimpa bawahannya itu diluar sepengetahuannya sebagai gubernur. Dia menegaskan tak pernah memerintahkan secara lisan maupun tulisan terkait perbuatan melawan hukum, yakni menyuap anggota DPRD Jambi demi mulusnya pengesahan RAPBD 2018.

“Sebagai gubernur, saya sangat prihatin dengan adanya kejadian OTT KPK beberapa waktu yang lalu, yang melibatkan unsur pejabat dari Pemerintah Provinsi Jambi dan juga anggota DPRD Provinsi Jambi,” ujarnya.

Bahkan katanya, dia bersama Wakil Gubernur Jambi sudah mengingatkan dan juga menegaskan kepada seluruh pejabat Pemprov Jambi untuk bekerja secara maksimal dan jangan melakukan tindakan yang melawan hukum, apapun itu bentuknya.

Zola memastikan roda pemerintahan Provinsi Jambi tidak terganggu dengan kejadian OTT itu, untuk posisi pejabat-pejabat yang dinyatakan tersangka oleh KPK, dia sudah menggantinya.

Sedangkan untuk jabatan Sekda kata Zola sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Dalam Negeri, agar secepatnya melantik pejabat defenitif yang merupakan hasil lelang jabatan.

“Intinya program pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi dan roda pemerintahan tidak terganggu,” tegasnya.

Sebelumnya, KPK menahan empat tersangka dugaan suap dalam operasi tangkap tangan di Jambi, Selasa (28/11), tiga tersangka merupakan pejabat Pemprov Jambi dan satu anggota DPRD Provinsi Jambi. Dalam perkara tersebut KPK mengamankan total uang sebesar Rp4,7 miliar.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: