23 Januari 2018
Home / Olahraga / Bola / Liga Inggris / Tottenham sikat Southampton 5-2

Tottenham sikat Southampton 5-2

Kegembiraan para pemain Tottenham Hotspurs usai menggulung Southampton 5-2. (Kredit: Getty/Goal)

London (RiauNews.com) – Penonton yang memadati Wembley Stadium benar-benar terhibur dalam laga Boxing Day. Bagaimana tidak, hujan tujuh gol tercipta dalam pertemuan Tottenham Hotspurs saat menjamu Southampton, Selasa (26/12/2017), yakni skor akhir 5-2 untuk kemenangan tuan rumah.

Dalam hujan gol ini, Harry Kane menjadi bintang lapangan dengan menciptakan hat-trick sekaligus mencatatkan rekor baru sebagai topskor Premier League Inggris dalam satu tahun kalender dengan 39 gol. Dua gol tambahan lain yang dicetak Dele Alli dan Son Heung-min.



Dilansir Goal Indonesia, tampil dengan kekuatan penuh, Tottenham langsung menekan Southampton di sepuluh menit pembuka. Serge Aurier dan Kane membuat dua peluang beruntun. Bahkan, Christian Eriksen kemudian membuat gawang Southampton sempat bergetar, namun dianulir lantaran sang gelandang berada dalam posisi off-side saat menerima umpan Alli.

Pada menit ke-22 Eriksen melepaskan tendangan bebas ke kotak penalti yang mampu ditanduk dengan sempurna oleh Kane. Ini adalah gol ke-37 Kane dalam satu tahun kalender Liga Primer yang menjadi rekor baru kompetisi, mengalahkan rekor sebelumnya milik Alan Shearer (36 gol).

Southampton memberi respons apik setelah kebobolan. Danny Rose nyaris mencetak gol bunuh diri dalam menghadapi tembakan Sofiane Boufal, beruntung Hugo Lloris berhasil mencegahnya. Tottenham terus menggenjot serangan dan mampu menambah keunggulan di menit ke-39 lewat Kane yang sukses menyambar umpan Son. Skor 2-0 ini bertahan sampai turun minum.

Di awal babak kedua, Southampton hampir memperkecil keadaan saat Shane Long memanfaatkan kecerobohan Eric Dier, namun tembakannya masih terlalu lemah akibat salah bertumpu kaki. Tak lama berselang, justru Spurs yang menambah dua kali keunggulan hanya dalam tempo tiga menit melalui tembakan mendatar Alli dari luar kotak penalti dan berlanjut dengan gol Son. Baik Alli dan Son saling memberi assist dalam kedua gol ini.

Skor 4-0, tuan rumah pun semakin di atas angin. Mereka terus mengurung pertahanan Soton, seperti saat Kane nyaris mencetak hat-trick lewat tembakan volinya yang masih melebar tipis. Dalam situasi tertekan ini, Southampton malah sanggup mencuri gol di menit ke-64 lewat serangan balik yang diakhiri dengan sepakan mendatar Boufal. Gol ini seharusnya bisa dihindari andai Lloris lebih sigap.

Namun, tiga menit berselang, pertahanan The Saints kembali runtuh setelah Kane menyempurnakan performa gemilangnya di laga ini dengan hat-trick. Kane menerima umpan matang Alli sebelum melepaskan tembakan chip ke gawang Fraser Forster untuk membuat kedudukan kembali melebar menjadi 5-1.

Di 20 menit sisa, permainan terbuka masih diperagakan kedua tim. Lloris bahkan beberapa kali dibuat kerja keras dalam periode ini sebelum akhirnya kebobolan lagi, tepatnya di menit ke-82. Bola halauan Lloris dalam situasi sepak pojok jatuh di kaki Dusan Tadic yang kemudian langsung memutar badan dan melepaskan tembakan. Itulah gol terakhir di laga ini yang sekaligus menandai kemenangan telak 5-2 Tottenham atas Southampton.

Tambahan tiga poin sempat membuat Spurs merasakan posisi keempat klasemen dengan 37 poin, namun beberapa jam kemudian kembali diambil alih Liverpool yang juga menang besar 5-0 atas Swansea City. Sedangkan Southampton tetap berada di urutan 14, dan terancam melorot jika Newcastle United mampu memetik kemenangan dalam laga menghadapi pemuncak kalsemen Manchester City malam nanti.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: