Home / News / Nasional / Titik panas di Sumatera meningkat, Riau malah turun

Titik panas di Sumatera meningkat, Riau malah turun

(ilustrasi/Peta: Google Maps)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Seiring mulainya musim kemarau, titik panas yang terpantau di Pulau Sumatera oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga meningkat dengan drastis.

Pada Senin (5/6/2017) sore kemarin, 52 titik panas terdeksi di Pulau Sumatera dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen.

Namun, lain halnya dengan Provinsi Riau, titik panas malah turun menjadi hanya tiga titik, yang tersebar di kabupaten yakni Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Indragiri Hulu.

Informasi dari Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi menyebutkan, Jambi menjadi tempat terbanyak titik panas, yakni 17 titik.

“Diikuti Bengkulu dengan 12 titik, Sumatera Selatan tujuh titik, enam titik terdeteksi di Provinsi Lampung serta sembilan titik masing-masing menyebar secara merata di Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Barat. Satu titik panas lainnya terdeteksi di Bangka Belitung,” jelas Slamet.

Jumlah titik api saat ini merupakan yang terbanyak sepanjang 2017, dan Slamet mengimbau kepada setiap kepala daerah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap karhutla, karena musim kemarau sudah mulai sejak Mei lalu, dan diperkirakan baru akan berakhir pada November mendatang.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: