Home / Hukum & Kriminal / Ternyata SK pemberhentian Suparman sebagai Bupati Rohul hingga kini belum keluar

Ternyata SK pemberhentian Suparman sebagai Bupati Rohul hingga kini belum keluar

Bupati Rokan Hulu Suparman. (Kredit: Antara)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Meski Suparman telah menjalani masa hukuman atas vonis enam tahun yang dijatuhkan Mahkamah Agung (MA) kepadanya, ternyata Pemerintah Provinsi Riau hingga kini belum mengeluarkan SK Pemberhentian.

Alasannya menurut Kepala Biro Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Sudarman, pihaknya belum menerima salinan putusan ataupun register dari pengadilan.

“Kami belum menerima salinan putusan ataupun registernya dari pengadilan. Karena alasan itu lah, kami belum bisa mengeluarkan SK pemberhentian Bupati Rohul,” kata Sudarman di Pekanbaru, Kamis (14/12/2017).

Sudarman juga menjelaskan pihaknya sudah mengirimkan surat ke pengadilan untuk meminta salinan putusan vonis terhadap Bupati Rokan Hulu tersebut.



Dampak lain dari belum diterimanya salinan putusan pengadilan, tambah Sudarman, surat usulan untuk menunjuk Wakil Bupati Rohul Sukiman menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati Rohul juga belum bisa dikeluarkan.

“Belum bisa mengusulkan Plt, karena memang belum ada dasar mengajukan usulannya,” ujarnya.

Hingga sejauh ini, tugas Bupati Rohul diemban sementara oleh Wakil Bupati Rohul Sukiman. Namun secara administratif masih sebagai wakil bupati bukan sebagai Plt bupati.

“Jabatan Plt bupatinya belum berlaku, masih sebagai wakil bupati. Penunjukan Plt itu tunggu sampai ada SK penetapan dari Mendagri,” tegasnya.

Suparman, terhitung Rabu (06/12/2017), mulai menjalani masa hukumannya di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, sesuai dengan vonis yang dijatuhkan Mahkamah Agung (MA) selama enam tahun penjara.

Orang nomor satu di pemerintahan Rokan Hulu ini mengaku telah terzalimi dengan kuputusan MA, meski demikian dia tetap ikhlas menjalaninya.

“Saya akan laksanakan putusan hukuman itu, saya ikhlas menjalaninya dan keikhlasan saya ini merupakan tanda hormat saya kepada institusi penegak hukum,” kata Suparman waktu itu.*** (mcr)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: