Home / News / Nasional / Ternyata di buku IPS kelas 6 Yudhistira ibu kota Israel adalah Yerusalem

Ternyata di buku IPS kelas 6 Yudhistira ibu kota Israel adalah Yerusalem

Buku kelas 6 Yudhistira KTSP 2006, yang menyebutkan ibu kota Israel adalah Yerusalem.

Jakarta (RiauNews.com) – Di saat ramainya negara-negara dunia mengecam pengakuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, soal status Yerusalem sebagai ibukota Israel. Kini, justru viral di media sosial adanya buku pelajaran kelas 6 Sekolah Dasar (SD) di Indonesia yang berisi keterangan yang sama tentang itu.

Dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terbitan Yudistira KTSP 2006 itu disebutkan, jika Benua Asia terbagi pada 5 wilayah, yakni Asia Barat, Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Timur dan Asia Tenggara. Sedangkan Israel masuk dari salah satu negara di wilayah Asia Barat, dengan ibu kota Yerusalem.



Padahal sebelumnya, status Yerusalem sebagai ibu kota Israel oleh AS beberapa waktu lalu telah memicu pergolakan di banyak negara. Pemimpin dunia, termasuk Presiden Joko Widodo mengecam keras atas pengakuan sepihak itu.

Menanggapi kekeliruan dalam isi buku, pihak Komisioner Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menjadwalkan rencana pemanggilan kepada pihak Yudistira selaku penerbit serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Isi buku IPS kelas 6 terbitan Yudhistira.

“Untuk mengumpulkan data dan meminta penjelasan yang utuh dalam proses penyusunan buku hingga lolos penilaian buku, maka KPAI berencana memanggil penerbit Yudistira untuk dimintai keterangan pertama terkait kekeliruan dalam buku IPS SD tersebut,” terang Retno Listyarti, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/12/2017).

Pemanggilan tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada Senin 18 Desember 2017 dikantor KPAI. Selanjutnya, akan dimintai penjelasan pula kepada Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud RI.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: