Home / Spesial Riau / Singapura apresiasi Riau bebas kabut asap

Singapura apresiasi Riau bebas kabut asap

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (kanan) saat menyerahkan cendera mata pada Menteri Pertahanan dan Luar Negeri Singapura, Dr Mohammad Maliki Bin Osman. (Kredit Foto: Humas Pemprov Riau)

 

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sejak 2016 lalu, Provinsi Riau bisa dikatakan bebas dari bencana asap, yang biasanya selalu datang di setiap musim kemarau.

Keberhasilan pencegahan bencana tahunan ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Singapura, yang dilontarkan langsung Menteri Pertahanan dan Luar Negeri Singapura, Dr Mohammad Maliki Bin Osman.

“Upaya dalam mengelola pencegahan dan penanggulangan karhutla yang dilakukan pemerintah Provinsi Riau sangat impresif,” katanya, sebagaimana dilansir kantor berita Antara di Pekanbaru, Selasa (25/7/2017).

Dia menyampaikan hal itu seusai menggelar pertemuan singkat dengan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, serta Satgas Penanggulangan Karhutla di VIP Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Turut hadir dalam rapat tersebut Komandan Resor Militer 031/WB Brigjen TNI Abdul Karim, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma Age Wiraksono, Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger.

Dari rapat tersebut, ia menilai Pemerintah Riau berhasil menekan angka karhutla secara signifikan. Dirinya membandingkan, berdasarkan data yang disampaikan Satgas Karhutla Riau, pada 2015 terpantau lebih dari 11.000 titik panas sebagai indikasi adanya karhutla.

Akibatnya, pada 2015 kabut asap tebal menyelimuti wilayah Riau, hingga meluas ke negeri berlambang Merlion tersebut.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: