20 September 2018
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Rencana Pemko Pekanbaru swastanisasi pengelolaan sampah disorot

Rencana Pemko Pekanbaru swastanisasi pengelolaan sampah disorot

Sampah di Simpang Tabek Gadang masih sering menumpuk, bahkan hingga masuk ke parit. (Kredit Foto: Ilva/Riaunews.com)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Ancang-ancang yang akan diambil Pemerintahan Kota Pekanbaru untuk kembali menyerahkan pengelolaan sampah pada pihak ke tiga alias ke pihak swasta, mendapat sorotan dari DPRD. Sebab, berkaca dari pengalaman yang sudah-sudah, pengelolaan oleh pihak swasta seringkali meninggalkan masalah, yang berujung menumpuknya sampah di berbagai sudut kota.

“Kita tidak ingin hal serupa terjadi kembali dan berharap pengelolaan sampah kedepannya dapat berjalan lebih baik,” kata anggota komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Herwan Nasri di Pekanbaru, Rabu.

Pernyataan Herwan ini tentu saja berkaca pada tahun lalu, di mana PT Multi Inti Guna yang saat itu sebagai pemenang tender, tidak mampu menunaikan kewajibannya. Di mana ketika itu, ratusan pekerja mereka mogok karena gaji yang tidak dibayar selama beberapa bulan. Imbasnya tentu saja sampah menumpuk dan menyebarkan bau tak sedap seantero Kota Bertuah.

“Pemko harus berkaca kepada kegagalan di tahun lalu,” ujarnya.

Untuk itu Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) selaku pihak yang ingin kembali menswastanisasikan seluruh pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru perlu hati-hati.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: