Home / Spesial Riau / Bengkalis / Prajurit TNI tangkap tangan pelaku karhutla Bengkalis

Prajurit TNI tangkap tangan pelaku karhutla Bengkalis

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman ikut turun tangan menyemprotkan air guna memadamkan karhutla di Kabupaten Bengkalis. (Kredit Foto: Humas Pemprov)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Seorang pemuda berinisial EM (23) dan berstatus sebagai karyawan swasta, tertangkap tangan sedang melakukan pembakaran lahan di Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Kamis (27/7/2017) sore, sekitar pukul 15.45 WIB.

Penangkapan tersebut dilaksanakan oleh Prajurit TNI AD Komando Distrik Militer 0303 Bengkalis yang tergabung dalam satuan tugas pencegahan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan Provinsi Riau, setelah sebelumnya dilakukan pengintaian.

“Dia (terduga pelaku pembakar lahan) ditangkap setelah anggota kita melakukan pengintaian,” kata Dandim 0303 Bengkalis, Letkol Inf Rizal Faizal Helmi.

Akibat ulahnya tersebut lahan gambut yang dalam kondisi kering terbakar hingga meluas mencapai satu hektare lebih. Meski demikian belum dipastikan apakah sebagai pemilik lahan atau diminta untuk membakar lahan tersebut.

“Pemeriksaan lebih dalam kita serahkan ke kepolisian sebagai penegak hukum,” tuturnya.

Sementara itu, guna memadamkan kebakaran lahan akibat ulah pelaku, ia menuturkan telah menurunkan sejumlah personel untuk mengatasinya. Lebih jauh, dia menegaskan pihaknya bersama kepolisian akan melakukan tindakan tegas kepada pelaku pembakar lahan.

“Saat ini kita menyatakan perang dengan kebakaran lahan,” tegasnya.

Sementara, untuk karhutla di wilayah Bengkalis sendiri terjadi di dua titik. Titik pertama terjadi di Desa Buluh Manis, Kecamatan Bathin Solapan, dengan luas mencapai 15 hektare. Sementara yang terbaru adalah titik kebakaran yang diakibatkan Em seluas satu hektare lebih.***

Baca Juga

​April Group Didanai 50 Persen dari Hutang ke China

PEKANBARU(RiauNews.com)- Siapa sangka perusaahaan raksasa April Group dibesarkan oleh dana hutang dari Bank China, Taiwan serta Bank ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: