21 September 2018
Home / Spesial Riau / Bengkalis / Polisi tangkap WN Malaysia yang hendak selundupkan WNI

Polisi tangkap WN Malaysia yang hendak selundupkan WNI

Para WNI yang hendak masuk ke Malaysia secara ilegal berhasil diamankan Polres Bengkalis. (Kredit: Humas Polda Riau)

Bengkalis (RiauNews.com) – Sebanyak lima orang warga negara Indonesia (WNI) yang hendak masuk ke Malaysia secara ilegal untuk menjadi TKI, berhasil digagalkan oleh Kepolisian Resor Bengkalis bersama dengan Polair Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri.

Informasi yang berhasil diperoleh dari Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni mengatakan, para WNI tersebut diamankan saat hendak menyeberang ke negara jiran tersebut ketika berada di atas speedboat di perairan Tanjung Punak, Pulau Rupat.



“Penangkapan berlangsung pada Rabu (24/1/2018) dini hari, sekira pukul 02.00 WIB. Para WNI tersebut terdiri dari empat laki-laki dan satu perempuan,” kata Kapolres kepada awak media, Kamis (25/1/2018).

Para calon TKI ilegal yang masing-masing berinisial AG, Na, ES, Ra dan seorang wanita Ya tersebut mengantongi paspor.

Selain menangkap lima WNI yang berencana masuk secara gelap ke negeri jiran tersebut, Abas mengatakan pihaknya turut menciduk seorang warga Malaysia bernama Kong Wai Hong. Warga Malaysia itu diduga sebagai pihak yang menyelundupkan WNI itu ke Negeri Jiran.

Pengungkapan itu sendiri berawal dari patroli yang digelar tim gabungan Polres Bengkalis dan Mabes Polri di sekitar tempat kejadian perkara.

Dari patroli tersebut, polisi melihat satu unit speedboat melaju ke arah Selat Malaka. Kapal cepat tanpa nama itu selanjutnya dikejar petugas hingga berhasil ditangkap.

Kabupaten Bengkalis yang berada di pesisir Riau merupakan salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Panjangnya garis pantai berpotensi menjadi ajang penyelundupan, tidak hanya narkoba, produk luar negeri tanpa izin, juga WNI yang berupaya masuk ke negeri jiran tanpa sesuai prosedur.*** (Antara)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: