20 September 2018
Home / News / Nasional / Pintu PLTA dibuka, banjir di Pangkalan berangsur surut

Pintu PLTA dibuka, banjir di Pangkalan berangsur surut

Antrian kendaraan akibat banjir di Pangkalan Kotobaru, Sumatera Barat. (Kredit: istimewa/grup WA)

Payakumbuh (RiauNews.com) – Banjir yang menggenangi ruas jalan nasional di Pangkalan Kotobaru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat berangsur surut, setelah pengelola waduk PLTA Kotopanjang membuka sejumlah pintu air.

Seperti yang diungkapkan Kapolsek Pangkalan Iptu Abdul Kadir Jailani, bahwa pihaknya telah mengontak pengelola waduk PLTA agar pintu air dibuka.

“Kami sudah menghubungi PLTA untuk membuka pintu air, sehingga kini banjir berangsur surut,” ucapnya saat dihubungi Sabtu (30/12/2017) sore.



Saat ini, jalan yang menjadi urat nadi Riau dengan Sumbar tersebut berangsur-angsur sudah bisa dilewati mobil pribadi, setelah sebelumnya tak bisa karena kedalaman air yang mencapai satu meter.

“Air sudah surut, kedalaman kira-kira semata kaki di jalan, kondisinya sudah stabil dan bisa dilewati oleh kendaraan,” tambah Iptu Abdul Kadir.

Seperti diberitakan sebelumnya, curah hujan yang tinggi sejak Jumat (29/12), mengakibatkan sungai yang ada di daerah tersebut tak mampu menampung debit air, hingga meluap menutupi badan jalan sepanjang 800 meter.

Selain banjir, pada Jumat malam juga terjadi longsor di beberapa titik di daerah Uluaie. Namun kini material longsor yang sempat menutupi badan jalan sudah disingkirkan alat berat yang memang di-stand by-kan oleh pihak PU setempat.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: