18 November 2018
Home / News / Internasional / Pengemudi van tabrak umat muslim yang pulang shalat di London, satu tewas

Pengemudi van tabrak umat muslim yang pulang shalat di London, satu tewas

Polisi mengamankan lokasi penabrakan umat Islam yang keluar dari masjid di Kota London. (Kredit Foto: Sky News)

London (RiauNews.com) – Kekerasan yang melibatkan kendaraan kembali terjadi di Ibu Kota Ingris, London. Kali ini yang menjadi sasaran adalah jamaah yang sedang meninggalkan sebuah masjid usai melaksanakan shalat, Ahad (18/6/2017) amlam waktu setempat.

Akibat kejadian tersebut, sedikitnya satu orang tewas dan melukai beberapa orang lainnya. Sedangkan pengemudi van yang berusia 48 tahun telah ditangkap. Penyerang akan menjalani pemeriksaan kesehatan jiwa, kata polisi.

Organisasi muslim terbesar di Inggris menyebut aksi itu sebagai aksi terangan-terangan islamofobia (kebencian terhadap Islam).

Van ini menabrak kerumunan manusia ketika orang-orang meninggalkan Masjid Taman Finsbury yang merupakan salah satu yang terbesar di Inggris, kata Dewan Muslim Inggris. Serangan itu terjadi di tengah Ramadan manakala muslim usai menjalankan salat tarawih.

Perdana Menteri Inggris Theresa May menggolongkan serangan itu sebagai serangan berpotensi teroris dan dia menggelar rapat kabinet mendadak hari ini.

Wali Kota London Sadiq Khan menyatakan polisi ditempatkan dalam jumlah lebih banyak demi menjamin keselamatan warga, terutama mereka yang tengah menjalankan puasa Ramadan. Dia menyebut serangan itu sebagai serangan terhadap nilai toleransi, kebebasan dan saling menghormati di Inggris.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: