16 Desember 2018
Home / News / Internasional / Penembakan di sekolah AS efek rasisme Donald Trump

Penembakan di sekolah AS efek rasisme Donald Trump

Vicente Fox menyindir kebijakan Amerika Serikat yang membangun tembok pembatas dengan Meksiko. (Kredit: Youtube)

New York (RiauNews.com) – Mantan Presiden Meksiko Vicente Fox, menyebut berbagai peristiwa penembakan di sekolah yang kerap terjadi di Amerika Serikat beberapa waktu belakangan, merupakan efek samping dari rasisme yang harus diberantas oleh Presiden Donald Trump.

“Ini apa yang Anda dapatkan ketika berbicara dari Gedung Putih dengan bahasa yang agresif dan kasar, ketika Anda melakukan diskriminasi, saat Anda sedang seorang rasis,” kata Fox dalam acara “Real Time with Bill Maher” di saluran HBO, Jumat (16/2/2018) waktu setempat.



Fox menyoroti bahwa masyarakat Amerika butuh lebih banyak “harmoni,” “cinta” dan “komunitas bahagia”.

“Dan konsep itu tidak keluar dari mulutnya (Trump),” Fox menambahkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 17 orang tewas dan puluhan lainnya terluka saat Nikolas Cruz (19), memuntahkan serentetan tembakan mengunakan senapan Colt AR 15 ke Marjory Stoneman Douglas Highs School Parkland, Florida, beberapa hari lalu.

Pembunuhan yang terjadi di Parkland itu telah meningkatkan kekhawatiran soal kemungkinan bahwa sekolah gagal memberikan pengamanan. Peristiwa itu juga memunculkan kembali perdebatan di AS soal hak memiliki senjata api, yang dilindungi negara melalui Amandemen Kedua Undang-undang Dasar AS.

Akan tetapi sejumlah pemimpin, termasuk Presiden AS Donald Trump, justru mengaitkan kekerasan pada Rabu itu dengan penyakit mental, mengesankan bahwa masyarakat memiliki tanggung jawab untuk memperingatkan para petugas jika melihat bahaya.

Penembakan pada Rabu merupakan serangan senjata api paling maut di lingkungan sekolah sejak 2012, yaitu ketika penembakan massal terjadi di Sekolah Dasar Sandy Hook di Newtown, Connecticut, hingga menewaskan 20 murid kelas satu serta enam guru.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: