Home / Spesial Riau / Pemprov Riau mulai terapkan single salary bulan ini

Pemprov Riau mulai terapkan single salary bulan ini

Sejumlah pejabat eselon di Pemprov Riau.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sistem penggajian tunggal (single salary) akan diberlakukan Pemerintah Provinsi Riau pada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai bulan ini.

Seperti yang diutarakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Ikhwan Ridwan, penerapan single salary sebagai upaya Pemprov merangsang peningkatkan produktivitas kerja, sekaligus mengontrol pencapaian target dan penggunaan anggaran dalam program yang dijalankan setiap ASN dan Pejabat.

Para ASN hanya akan diberikan gaji bersih yang terdiri dari unsur jabatan, kinerja, pangkat dan produktifitas. Selain itu single salary system ini juga akan mengakumulasikan berbagai jenis penghasilan dan menetapkannya menjadi satu jenis penghasilan.

“Jadi sistem penggajian pegawai berbasis jabatan tidak lagi mendasarkan pangkat dan golongan, tetapi didasarkan bobot atau grade jabatan. Penetapan besaran gaji terendah harus mempertimbangkan standar kehidupan layak,” tegas Ikhwan.

Dijelaskannya, untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) menduduki grade 17. Sementara untuk pejabat eselon II atau pejabat tinggi pratama berada di grade 15 sampai 16, eselon III grade 13, eselon IV grade 9 sampai 12 dan staf grade 4 sampai 9.

“Kalau hitung-hitungannya saya lupa berapa besar rupiahnya, kalau dikalikan dengan grade. Bisa saja eselon dua diatas Rp20 juta, yang staf bisa saja diatas Rp4 juta,” jelas Ikhwan.*** (MCR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: