21 September 2018
Home / News / Bisnis / Pemprov Riau ingin ikut kelola Blok Rokan 2021 mendatang

Pemprov Riau ingin ikut kelola Blok Rokan 2021 mendatang

Pompa angguk milik PT CPI yang menyedot minyak dari Negeri Lancang Kuning selama puluhan tahun.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Blok Rokan yang dikelola oleh PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) pada 2021 mendatang akan habis masa kontraknya, dan hingga kini belum diketahui siapa yang akan menjadi operator blok tersebut nantinya.

Terkait hal ini, Pemerintah Provinsi Riau menyatakan niat untuk ikut mengelola blok yang memiliki kapasitas produksi lebih dari 200.000 barel per hari itu, bersama operator yang akan ditunjuk pemerintah pusat nantinya.

Asisten II Setdaprov Riau, Masperi mengatakan, Pemprov Riau punya 10 persen hak saham partisipasi (Participant Interest/PI) atas usaha pengembangan yang dilakukan PT Chevron di Blok Rokan tersebut.

“Kita punya hak atas PI 10 persen, namun nanti akan diputuskan apakah nantinya bersifat business to business atau seperti apa,” kata Masperi di Kantor Gubernur Riau, Jumat (9/3/2018).

Untuk dapat mengambil PI 10 persen tersebut, lanjut Masperi, Pemprov Riau harus menunjuk BUMD untuk ikut dalam kontrak kerjasama dengan operator baru Blok Rokan.

Berdasarkan Pasal 3 Peraturan Menteri ESDM Nomor 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran PI 10 Persen pada Wilayah Kerja Migas, disebutkan bahwa BUMD yang ikut serta dalam usaha pengelolaan harus perusahaan daerah yang seluruh kepemilikan sahamnya dimiliki oleh pemerintah daerah, atau perseroan terbatas yang paling sedikit 99 persen sahamnya dimiliki oleh pemerintah daerah dan sisa kepemilikan sahamnya terafiliasi seluruhnya dengan pemerintah daerah.

“Sehingga kita harus menyertakan modal tambahan untuk modal operator baru itu nanti,” tuturnya. *** (mcr)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: