Home / News / Bisnis / Pemprov Riau akan turunkan pajak terhadap Pertalite

Pemprov Riau akan turunkan pajak terhadap Pertalite

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sebagai daerah penghasil minyak terbesar di Tanah Air, rasanya cukup ironi bagi masyarakat Provinsi Riau karena harus “menikmati” harga pertalite lebih tinggi dari daerah lain.

Tercatat harga Pertalite di Riau kini mencapai Rp8.000 per liter, padahal harga di provinsi lain bahkan di Papua lebih murah yakni berkisar Rp7.600 hingga Rp7.800 per liter.



Tak heran, kebijakan Pemprov yang memajak pertamax hingga 10 persen ini mendapat banyak kritikan dari berbagai pihak.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pajak Daerah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau Ispan S. Syahputra menyatakan pajak bahan bakar minyak kendaraan bermotor bisa diturunkan hingga mencapai lima persen, sehingga harga jual bahan bakar nonsubsidi seperti Pertalite turun bahkan lebih rendah dari provinsi lainnya.

“Target revisi kita bisa usulkan di bawah 10 persen, mengikuti dua varian yang ada yakni sebesar 7,5 persen dan 5 persen penurunan pajaknya. Semoga bisa disepakati yang terbaik,” kata Ispan di Pekanbaru, Kamis (1/2/2018).

“Revisi ditargetkan kelar dalam dua bulan atau pada bulan Maret, namun bisa lebih cepat karena DPRD Riau juga sudah berkomitmen untuk merevisi Perda itu,” tambahnya.

Target revisi tersebut termasuk pembahasan di DPRD Riau, hingga evaluasi di Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan, sebelum Perda bisa dilaksanakan.

Ia menjelaskan kajian dan simulasi penurunan pajak BBM kendaraan bermotor itu berkisar 5-7,5 persen namun diharapkan tetap tidak mengganggu pendapatan asli daerah (PAD) provinsi dan kabupaten/kota di Riau.*** (Antara)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: