23 Januari 2018
Home / News / Nasional / PBNU bantah pihaknya lakukan pemboikotan Ustaz Abdul Somad

PBNU bantah pihaknya lakukan pemboikotan Ustaz Abdul Somad

KH Said Aqil Siroj, Ketua Umum PBNU. (Kredit: NU)

Jakarta (RiauNews.com) – Adanya berita yang tersebar di media sosial terkait penolakan Ustaz Abdul Somad oleh pemerintah otonomi Hong Kong, Cina, beberapa waktu lalu karena permintaan dari Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) Said Aqil Siroj, dipastikan sebagai hoax.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Eksekutif Said Aqil Siroj Institute, Imdadun Rahmat melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (29/12/2017), sekaligus menyebutkan bahwa tuduhan tersebut adalah upaya pihak-pihak tertentu untuk memecah-belah umat Islam Indonesia.

“Tuduhan itu tidak berdasar dan merupakan fitnah belaka,” kata Imdadun.



Dijelaskannya, Said Aqil dikenal sebagai pemimpin agama yang dekat dengan umat dan taat azas atau konsisten memajukan dakwah Islam yang moderat, damai dan berpandangan kebangsaan.

Imdadun menilai aksi penyebaran penghinaan Said Aqil secara viral melalui media sosial merupakan tindakan melawan hukum. Umat NU mengharapkan aparat penegak hukum mencari aktor utama yang menghina dan membina para pelaku penyebar fitnah tersebut sebagai upaya ujaran kebencian.

Imdadun mengimbau seluruh umag Islam bersabar dan menahan diri menanggapi tuduhan terhadap Ketum PBNU tersebut.

Seperti diketahui, pada 23 Desember 2017 lalu, Ustaz Abdul Somad ditolak masuk pemerintah Hong Kong saat telah berada di bandara negara tersebut.

Ustaz Abdul Somad

Penceramah asal Riau itu dipisahkan dari rombongan asal Indonesia oleh sejumlah aparat Hong Kong. Dia kemudian diinterogasi dan diminta mengeluarkan isi dompetnya.

Ustaz Abdul Somad yang rencananya hendak berceramah di depan WNI yang ada di Hong Kong, tanpa alasan yang jelas tak diperbolehkan keluar dari bandara. Beberapa jam kemudian dia diterbangkan kembali ke Tanah Air.

Hingga saat ini tak ada langkah-langkah kongkret dari Pemerintah RI terkait insiden tak menyenangkan yang didapatkan oleh Ustaz Abdul Somad itu.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: