Home / News / Politik / Panwaslu temukan 24.431 pemilih ganda di Pekanbaru

Panwaslu temukan 24.431 pemilih ganda di Pekanbaru

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sejak diumumkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk mengikuti pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau beberapa waktu lalu, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pekanbaru menemukan sebanyak 24.431 pemilih ganda dari 491.047 pemilih Kota Pekanbaru yang dirilis KPU Riau.

Ketua Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Pekanbaru Yasrif Yakup Tambusai didampingi Anggota Komisiner Rizqy Abadi saat konferensi pers di Pekanbaru, Jumat (6/4/2018), menyebut bahwa pihaknya bahkan menemukan ada warga yang nama, NIK dan alamatnya ditemukan hingga tujuh kali.



“Ada sebanyak 24.431 warga setempat yang punya nama, Nomor Induk Kependudukan, dan alamat lebih dari satu,” kata Yasrif.

Akibat banyaknya data yang ganda, maka terjadi penggelembungan DPS hingga 4,9 persen atau 12.360 nama.

“Atau sebanyak 12.360 jiwa itu data dalam DPS yang harus dibuang (siluman..red),” ujarnya.

Dia merinci dari jumlah DPS ganda tersebut sebanyak 23.602 jiwa didata dua kali, 771 didata tiga kali, 36 warga punya data sama sebanyak empat kali, 15 nama terdaftar lima kali dan bahkan tujuh nama memiliki identitas yang sama sebanyak tujuh kali.

Selanjutnya sebut dia untuk temuan ini pihaknya akan melaporkan ke KPU Riau agar dilakukan perbaikan.

“Terhadap temuan ini ada dua hal yang akan dilakukan Panwaslu Pekanbaru menyampaikan ke KPU Riau serta segera melakukan penghapusan data ganda. Kedua pihaknya akan mengklarifikasi melalui Panwascam terutama bagi temuan DPS yang tercatat lebih dari tiga kali,” tegasnya.

“Kami perkirakan pekan depan temuan ini akan dilaporkan ke KPU Riau agar tidak merugikan masyarakat dan para calon peserta Pilkada 2018,” tukasnya.*** (Antara)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: