Home / News / Nasional / Menteri Susi tak ingin ada Bangan Siapiapi kedua

Menteri Susi tak ingin ada Bangan Siapiapi kedua

Susi Pudjiastuti.

Jakarta (RiauNews.com) – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tidak melarang alat tangkap cantrang digunakan oleh para nelayan. Hanya saja, dia tidak mau alat tangkap yang dianggap merusak lingkungan ini kembali menghilangkan salah satu daerah perikanan terbesar di Indonesia seperti Bangan Siapiapi.

Dulu, Bangan Siapiapi yang terletak di Provinsi Riau menjadi pusat pendaratan ikan-ikan besar di Indonesia, bahkan menjadikan kota ini terkenal dengan ekspor ikannya. Hanya saja kota mencarian ikan yang begitu masif menggunakan kapal trawl membuat kota di Provinsi Riau ini tinggal kenangan sebagai kota ikan.



“Persoalan cantrang kaya trawl, sudah lama. Trawl sudah tidak ada, cantrang diberikan batas waktu sampai peralihan selesai. Saya paling benci ada Skeptisisme, kita kerja setengah mati. Kita sudah kehilangan Bangan Siapiapi,” tegasnya, di Gedung Mina Bahari IV KKP, Jakarta, Kamis (18/1/2018) sebagaimana dilansir Okezone.

Atas dasar itu, Susi mengaku tidak segan bertindak tegas terhadap kapal cantrang yang sekarang ilegal. Pemerintah sudah berikan kesempatan dengan syarat kapal cantrang tidak boleh bertambah dan harus diukur ulang.

“Penegakan hukum tidak boleh berhenti. Tidak ditenggelamkan ya diterbangkan kek, dikandaskan kek. Hampir semua masuk ke pengadilan diproses. Hakim memutuskan, pemusnaham yang pasti penegakan hukum tidak bisa dihentikan,” tuturnya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: